Peralatan Kantor yang Paling Sering Dibutuhkan Karyawan

Peralatan Kantor

Memiliki kantor lengkap akan memudahkan karyawan untuk bekerja. Hal ini termasuk melakukan hal-hal kecil tapi penting yang mendukung kegiatan harian. Menyediakan cadangan peralatan kantor yang paling sering digunakan adalah keharusan, terutama di kantor dengan cukup banyak karyawan. Jika Anda berminat membuka kantor sendiri, inilah beberapa jenis perlengkapan kantor yang harus terus ada.

1. Kertas dan amplop

Kertas dan amplop
sumber: pixabay.com

Teknologi digital telah mengurangi jumlah penggunaan kertas dan amplop, tetapi keduanya masih relatif dibutuhkan. Kantor harus menyediakan kertas putih standar berbagai ukuran, kertas tebal untuk surat resmi, kertas undangan, kertas karbon, kertas glossy, dan kertas tebal seukuran kartu nama standar.

Amplop berbagai ukuran juga harus tersedia, baik amplop seukuran kertas A3, A4, maupun amplop standar. Selain amplop polos, kantor juga harus menyediakan amplop dengan logo resmi. Amplop ini sebaiknya memiliki “jendela” untuk menampilkan alamat di bagian dalam, terutama jika kantor harus sering mengirim surat atau pemberitahuan resmi.

2. Alat tulis dan kerja harian

alat tulis dan kerja harian

Alat tulis yang terlihat sederhana adalah sarana penting untuk mendukung aktivitas harian. Kantor harus menyediakan cadangan pena hitam, merah, dan biru, pensil, rautan, penghapus, penggaris, stapler dan isinya, papan tulis putih (whiteboard), spidol untuk whiteboard (permanen dan tidak), spidol aneka warna untuk kertas, cairan penghapus tinta, papan penjepit, serta post-it.

Perusahaan juga sebaiknya memiliki persediaan buku notes kosong untuk berbagai keperluan yang membutuhkan pencatatan cepat, atau dibagikan pada karyawan untuk pelatihan. Notes sebaiknya hadir dalam tiga macam ukuran, yaitu buku tulis standar, notes dengan papan, serta notes mini. Notes bisa dipesan secara khusus setiap tahun, misalnya menampilkan logo perusahaan serta informasi agenda tahunan.

3. Alat untuk mengorganisasi

Alat untuk mengorganisasi
sumber: pixabay.com

Aktivitas kantor yang padat menuntut karyawan untuk bisa mengorganisasi barang serta jadwal mereka. Peralatan yang harus tersedia antara lain adalah binder, pelubang kertas, stempel dan bantalannya, tinta stempel, penjepit kertas berbagai ukuran, tempat pensil, kalender, tempat kartu nama, serta kotak penyimpan dokumen.

Karyawan juga membutuhkan perkakas untuk menciptakan sistem identifikasi sederhana terhadap barang-barang serta dokumen mereka. Kantor bisa menyediakan stiker/label nama putih dengan berbagai ukuran yang bisa ditulisi. Jika ingin lebih praktis, kantor bisa menyediakan alat pembuat label otomatis.

Pekerjaan yang membutuhkan banyak pemrosesan dokumen secara manual wajib menyediakan rak dokumen masuk/keluar, map penyimpan dokumen, serta nampan dan kotak penyimpanan untuk alat kantor.

4. Perkakas elektronik

perkakas kantor
sumber: pixabay.com

Perkakas elektronik pendukung kegiatan kantor tidak hanya berupa komputer dan printer. Setiap kantor harus memiliki peralatan seperti alat pemindai (scanner), mouse, kalkulator, persediaan tinta printer, mesin laminasi, kabel cadangan, pengeras suara, proyektor mini, lampu meja, baterai ukuran A3 dan A2, telepon speaker, alat penghancur dokumen, dan mesin fotokopi.

5. Peralatan pendukung lain

Tidak semua peralatan kantor mendukung langsung pekerjaan karyawan. Akan tetapi, ada peralatan pendukung yang tetap harus disiapkan untuk mendukung kegiatan sehari-hari. Produk ini misalnya tisu, cairan pembersih tangan, kotak P3K, sapu, alat pel, produk pembersih lantai dan jendela, persediaan kantung plastik/kantung sampah, pembersih keyboard dan layar komputer, serta tempat sampah mini.

Cara Mudah Membeli Peralatan Kantor

Semua kantor membutuhkan persediaan perkakas pendukung untuk melancarkan kegiatan harian. Jika Anda bertugas di bidang pengadaan (procurement), Anda harus memiliki rekan terpercaya untuk menyediakan perkakas kantor berkualitas secara berkala. Perlengkapan kantor terdiri dari barang-barang kecil, namun Anda harus membelinya dalam jumlah besar. Menemukan vendor yang dapat memasok secara berkala penting untuk kelancaran usaha.

Mbiz.co.id memudahkan proses pemesanan perkakas kantor secara teratur. Semua proses dijamin efisien, karena sistem pemesanan serta transaksinya terintegrasi. Perusahaan Anda juga akan menghemat waktu serta biaya terkait aktivitas pengadaan barang, karena Mbiz.co.id menyingkat prosesnya lewat paduan sistem e-commerce dan e-procurement. Anda bisa menemukan vendor terpercaya dengan mudah, serta mendapat harga paling bersaing.

Baca juga :

Jika Anda berpikir untuk membuka kantor baru, atau membutuhkan rekan pengadaan terpercaya, manfaatkan Mbiz.co.id. Sistemnya yang praktis dan menguntungkan adalah solusi untuk mendapat asupan peralatan kantor berkualitas secara berkala.

Sharing is Caring!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.