5 Hal yang Membuat E-Procurement Lebih Aman & Transparan Dibandingkan Pengadaan Konvensional

Sistem transaksi digital kini mulai banyak digemari masyarakat. Selain transaksi B2C, ranah B2B pun kini mulai beralih ke sistem berbasis elektronik. Marketplace online B2B adalah solusi tepat bagi perusahaan yang ingin mencoba pengadaan secara online atau e-procurement.

Sekilas, e-procurement tampak berisiko, terutama jika berurusan dengan privasi pengguna. Namun, dengan memilih platform dan mitra yang tepat, e-procurement sebenarnya punya banyak manfaat yang signifikan bagi perusahaan.

Keunggulan utama yang dimiliki e-procurement dibanding sistem konvensional adalah transparansi dan keamanannya. Perusahaan sebagai pelanggan dapat memegang kendali terhadap proses pengadaan agar sesuai dengan target. Lantas, apa yang membuat sistem e-procurement dinilai lebih aman dan transparan?

  1. Seluruh pihak yang terlibat dapat memiliki akses informasi pengadaan

E-procurement mengutamakan asas transparansi dan akuntabilitas. Seluruh data transaksi dan persetujuan dapat diakses oleh pihak-pihak yang terlibat di dalamnya. Jadi, pelanggan dapat memantau proses pengadaan dengan lebih detail.

Tak hanya data transaksi yang sedang berlangsung, riwayat transaksi serta rencana pembelian pun dapat dilihat. Informasi yang dapat diakses dengan cepat tentu akan memudahkan tim untuk membuat keputusan serta melakukan follow-up demi mempercepat proses persetujuan.

  1. Follow-up persetujuan transaksi yang real time

2

Platform e-procurement mencatat segala aktivitas yang terjadi, seperti pemilihan vendor, pembuatan quotation untuk vendor, persetujuan pemesanan, hingga penagihan. Karena transaksi dilakukan secara online, tahap pengadaan yang biasanya memakan waktu lama seperti follow-up persetujuan pembelian, kini dapat diakses kapan saja dan di mana saja.

Jadi, pelanggan dan vendor dapat sama-sama diuntungkan dengan adanya kemudahan ini. Hal ini tentunya jauh lebih baik dibanding harus menunggu kelengkapan dokumen seperti pada proses pengadaan manual yang dapat memakan waktu berhari-hari.

  1. E-procurement berikan laporan pengadaan secara otomatis dan bebas error

3

Karena seluruh dokumen tersedia dalam bentuk soft copy, Anda hanya perlu mengetik item yang dicari pada kotak pencarian. Anda tidak perlu melihat dokumen satu per satu yang selain melelahkan, juga membuang waktu.

Ketepatan dalam pembuatan laporan pengadaan dapat memudahkan Anda untuk memastikan data yang dimuat dalam proposal pengadaan barang yang baru tepat dan dapat dipertanggungjawabkan.

  1. E-procurement bantu minimalkan potensi penyalahgunaan anggaran

4

Proses pengadaan  yang melibatkan dana besar tak jarang sangat rentan akan potensi markup atau penyalahgunaan anggaran. Dengan e-procurement, perusahaan dapat meminimalkan kemungkinan terjadinya kecurangan karena seluruh kegiatan pengadaan dilakukan secara terpusat dan terbuka bagi setiap pihak yang terlibat. Riwayat transaksi dan pemesanan yang terekam dalam sistem secara otomatis dapat membantu pelanggan mengevaluasi penggunaan anggaran dan keseluruhan proses pengadaan.

  1. E-procurement ciptakan akses pasar luas bagi vendor dan persaingan usaha yang sehat

Transparansi dalam e-procurement pun mampu menciptakan iklim persaingan yang sehat antar perusahaan penyedia barang dan jasa. E-procurement bertujuan meminimalkan pertemuan tatap muka antara perusahaan dengan vendor yang tidak jarang menjadi awal terbukanya upaya penyalahgunaan atau kolusi.

E-procurement bantu menciptakan persaingan yang sehat antar perusahaan penyedia barang dan jasa. Dengan sistem ini, perusahaan kecil maupun korporat memiliki kedudukan serta peluang yang sama untuk menjadi pemenang tender dalam proses pengadaan.

Tanpa adanya praktik manipulasi dokumen dan pengaturan pemenang, seluruh pihak yang terlibat dalam proses pengadaan, baik panitia maupun vendor, dapat sama-sama merasa aman.

Mbiz.co.id, solusi terbaik pengadaan barang dan jasa di era digital

Setelah membaca ulasan di atas, Anda tentu jadi tertarik untuk merasakan sendiri keunggulan dari e-procurement, yang tidak hanya mampu memangkas proses pengadaan yang panjang, tapi juga mampu menghemat anggaran perusahaan. Mbiz.co.id merupakan perusahaan penyedia layanan e-procurement yang memadukan kemudahan transaksi ala e-commerce.

Mbiz.co.id mengutamakan kemudahan dan kenyamanan dalam melakukan pengadaan dengan memangkas tahapan-tahapan rumit yang sering ditemukan pada metode pengadaan tradisional. Seluruh proses pengadaan dilakukan secara online sehingga dapat membantu pelanggan mendapatkan layanan dan transaksi yang lebih cepat.

Mbiz.co.id tidak hanya membantu mempermudah proses pengadaan barang/jasa perusahaan korporat maupun BUMN. Perusahaan e-procurement satu ini juga menjadi penghubung bagi vendor UMKM daerah untuk memperluas jangkauan pasarnya hingga skala multinasional.

Jadi, jangan ragu untuk memercayakan solusi pengadaan barang/jasa perusahaan Anda pada Mbiz.co.id.

Sharing is Caring!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.