Seberapa Penting Peran Procurement Analyst

Seberapa Penting Peran Procurement Analyst

Pengadaan menjadi bagian penting dari perusahaan, karena kesuksesan pengadaan juga memberikan pengaruh yang signifikan pada kesuksesan perusahaan. Inilah mengapa diperlukan analisis rutin untuk memastikan bahwa pengadaan perusahaan sesuai dengan standar yang berlaku. Demi kesuksesan bagian pengadaan, maka diperlukan seorang analis pengadaan, atau yang lebih dikenal dengan procurement analyst. Posisi ini tentu memegang peranan yang sangat penting. Tidak mengherankan jika perusahaan menerapkan standar kualifikasi kandidat yang benar-benar tinggi untuk mengisi posisi tersebut.

Tugas dan Tanggung Jawab Procurement Analyst

Lowongan kerja procurement analyst sedang bertebaran. Ini bisa menjadi kesempatan baik bagi Anda yang ingin mencoba peruntungan dengan menduduki posisi baru dan mendapatkan pengalaman kerja di perusahaan baru.

Sebelum memutuskan untuk mengirimkan lamaran pekerjaan, tentu Anda perlu mengetahui apa sebenarnya tugas dan tanggung jawab seorang procurement analyst. Tugasnya yakni melakukan analisis dan membandingkan produk dan jasa untuk menentukan pilihan terbaik, pun memutuskan vendor mana yang cocok dengan segala kebutuhan perusahaan. Tidak hanya itu, procurement analyst juga bertanggungjawab untuk melakukan evaluasi terhadap vendor yang bekerja sama dengan perusahaan berdasarkan kualitas produk, harga, dan kecepatan serta ketepatan dalam pengiriman.

Evaluasi, pengambilan keputusan, serta komunikasi menjadi faktor yang sangat penting jika Anda memilih untuk bekerja sebagai Analis Pengadaan. Anda pun dituntut untuk mampu menilai dan tanggap pada segala kemungkinan yang ada dan tentu saja, sangat berpengaruh pada eksistensi perusahaan.

Seorang Procurement Analyst akan sering berkomunikasi dengan vendor, melakukan kunjungan ke pihak distributor dan pabrik untuk menambah wawasan tentang produk, layanan, dan harga. Setelahnya, Anda harus membuat laporan tentang vendor dan supplier, kemudian melakukan presentasi pada jajaran direksi untuk memperoleh tinjauan mendalam hingga akhirnya memutuskan vendor pilihan.

Kualifikasi Procurement Analyst

Kualifikasi Procurement Analyst
sumber: pathguide.com

Mengingat perannya yang sangat penting terhadap keberlangsungan perusahaan serta tugas dan tanggung jawab yang besar, tentunya ada sederet persyaratan atau kualifikasi yang harus dimiliki oleh calon kandidat. Tak lupa juga dengan pengalaman yang dibutuhkan.

Biasanya, perusahaan akan menuliskan segala kualifikasi yang harus dimiliki oleh kandidat pada lowongan kerja Procurement Analyst. Salah satunya adalah pengetahuan teknis tentang produk yang akan dibeli, tak terkecuali kualitas, ketersediaan, sekaligus mempelajari tingkat penjualan dan stok. Namun, jangan lupa bahwa Analis Pengadaan juga harus bisa beradaptasi dengan perubahan, terutama yang berkaitan dengan produk barang dan jasa.

Baca juga : Tren e-Procurement Tahun 2018 yang Akan Bertahan d 2019

Setidaknya, calon kandidat Analis Pengadaan harus memiliki gelar pendidikan sarjana di bidang Administrasi Bisnis dengan pengalaman penguasaan perangkat lunak komputer tertentu, seperti perangkat lunak yang berkaitan dengan bisnis dan manajemen SAP. Namun, sarjana yang berasal dari bidang ilmu lain pun bisa mencoba menjadi seorang Procurement Analyst. Semua dinilai dari pengalaman dan pemahaman kandidat tentang procurement.

Biasanya, akan ada On-the-Job Training atau OJT untuk karyawan yang telah lolos seleksi selama satu tahun. Pelatihan ini berfokus untuk mengedukasi karyawan agar lebih mengerti tugas dan tanggung jawab yang akan dilakukan setelah resmi bekerja nantinya, seperti bagaimana bernegosiasi dengan vendor dan melakukan pemantauan stok barang.

Posisi yang Penuh Tantangan

Posisi procurement analyst yang Penuh Tantangan
sumber: John Academy

Menjadi seorang Procurement Analyst adalah pilihan karier yang sangat menantang. Namun, orang-orang yang berhasil dalam posisi ini akan memiliki kemampuan presentasi dan analisis yang sangat baik, juga mampu mengomunikasikan ide yang dimiliki dengan lebih mudah pada orang lain.

Baca juga : Menilik Perkembangan Tren E-Procurement di Masa Depan

Kini, Anda sudah tahu seberapa penting peran seorang Analis Pengadaan terhadap keberhasilan perusahaan. Menjadi bagian dari Divisi Pengadaan sebagai seorang Procurement Analyst merupakan pilihan yang paling tepat untuk Anda yang mencari tantangan dan prospek karier yang cerah. Terutama jika Anda adalah seorang lulusan baru yang ingin menunjukkan kualitas diri. Selamat mencoba!

Sharing is Caring!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.