Yuk, Cari Tahu Apa Beda Event Activation dan Event Organizer

event activation and event organizer

Anda tentu tidak asing dengan istilah event organizer. Namun, apa yang Anda ketahui tentang event activation? Meski terdengar sama, ternyata keduanya punya perbedaan. Seperti apa perbedaan event activation and event organizer? Event organizer atau EO merupakan penyedia jasa profesional untuk menyelenggarakan suatu acara, EO  bertugas membantu klien dalam perencanaan, persiapan, eksekusi, dan evaluasi berjalannya sebuah acara. Tanggung jawab EO berlangsung sejak sebelum hingga acara usai dilaksanakan. Klien hanya memantau apakah kegiatan itu berjalan dengan lancar.

Baca juga : Memilih Event Organizer untuk Leadership Training Karyawan

Sementara, event activation adalah suatu proyek turnkey yang bertujuan memasarkan atau mengaktivasi merek produk atau jasa tertentu. Istilah turnkey merujuk pada sesuatu yang sudah jadi dan terstruktur sejak awal hingga akhir. Dengan kata lain, penyedia jasa ini menjual konsep aktivasi suatu merek, mulai dari strategi pemasaran, merancang tampilan, pemilihan event, pengadaan staf dan logistik, pelaksanaan, dan evaluasi.

Dari dua pengertian itu saja sudah terlihat bukan perbedaan event activation dan event organizer? Agar Anda dapat memahami lebih detail, mari simak pemaparan di bawah ini.

Event Activation

event activation
sumber: Ambition Adcom

Tujuan penyelenggaraan aktivasi event adalah untuk membangun kesadaran publik atas kehadiran suatu merek, baik itu berupa produk maupun jasa. Maka, Anda akan mengenal istilah brand activation sebagai event yang lebih spesifik. Sudah bukan zamannya lagi Anda hanya meluncurkan produk/jasa, memasang iklan di berbagai media, dan menunggu konsumen atau media merespons produk tersebut.

Jika dapat menyelenggarakan suatu event berkualitas yang mampu menarik konsumen dan media, maka tidak perlu repot-repot memburu pers untuk meliput merek baru Anda. Bahkan, apabila event ini  berhasil, justru media yang akan mencari Anda. Oleh karena itu, perlu trik khusus agar acara aktivasi merek perusahaan Anda berjalan mulus sesuai harapan, yakni:

  1. Sah-sah saja untuk berasosiasi dengan merek lain yang lebih terkenal saat melakukan aktivasi merek. Ini bagus untuk membangun basis pelanggan dan reputasi Anda.
  2. Kemas acara dengan impresif untuk memicu rasa ingin tahu konsumen dan media, antara lain tampilan booth yang atraktif atau membuat gimmick
  3. Ajak konsumen mencoba produk atau jasa yang Anda tawarkan. Pengalaman interaktif ini mendorong konsumen lebih aware dengan apa yang Anda miliki.

Event Organizer

Event Organizer
sumber: Prasmul Tourism

EO memiliki ranah pekerjaan yang lebih luas. Acara aktivasi merek adalah salah satu dari sekian banyak acara yang dapat diselenggarakan oleh EO, tergantung pada spesialisasi mereka. Adapun beberapa jenis EO yang sering dijumpai di Indonesia adalah:

  1. One stop service agency, biasanya EO ini sudah punya jam terbang tinggi dan berpengalaman menangani berbagai jenis acara, dari skala lokal hingga internasional.
  2. MICE, atau Meeting Incentive Convention Exhibition. Penyelenggara acara jenis ini fokus pada pertemuan, konvensi, atau ekshibisi/pameran.
  3. Brand activation, secara spesifik membantu klien melakukan promosi pada merek untuk meningkatkan penjualan dan brand awareness pada target pasarnya.
  4. Hiburan dan musik, menyelenggarakan berbagai macam pertunjukan seni dan konser musik, baik musisi dalam negeri maupun luar negeri.
  5. Wedding organizer, spesialis penyelenggara pesta pernikahan, mulai dari pernikahan tradisional hingga modern.
  6. Party organizer, spesialis penyelenggara berbagai jenis pesta, seperti bridal shower, pesta ulang tahun, pesta ulang tahun pernikahan, atau baby shower.

Geliat industri kreatif memang mendorong pertumbuhan EO. Maka, Anda perlu memilih dengan cermat EO seperti apa yang cocok untuk penyelenggaraan sebuah acara. Beberapa faktor yang perlu diperhatikan saat memilih EO adalah:

  1. Lihat track record atau portofolio Ini penting agar Anda tahu bahwa telah mempercayakan kelancaran pelaksanaan acara ke tangan yang tepat.
  2. Harga datang dengan kualitas. Hati-hati jika Anda memperoleh penawaran murah, cek lagi apakah sepadan dengan fasilitas dan layanan yang diberikan?
  3. Bagaimana sistem kerja EO, apakah sistematis, responsif, teratur, atau profesional?
  4. Fleksibilitas EO. Dalam penyelenggaraan suatu acara, fleksibilitas adalah keharusan. Anda bisa mengetahuinya sejak awal, bagaimana mereka mampu memfasilitasi setiap keinginan dan kebutuhan Anda sebagai klien.

 

Demikian perbedaan event activation dan event organizer yang perlu Anda ketahui. Jadi, Anda dapat memilih mana jasa yang tepat untuk acara perusahaan.

Nah, agar lebih mudah menemukan mana penyedia jasa yang bereputasi, kunjungi saja Mbiz.co.id, platform digital e-procurement di Indonesia. Selain bisa browsing beragam penyedia jasa penyelenggara acara untuk perusahaan, Anda juga dapat membeli produk dan jasa lain terkait operasional kantor. Misalnya, ATK, peralatan kantor, jasa penyewaan, hingga maintenance ada di sini.

Ayo, jadikan Mbiz.co.id sebagai mitra perusahaan dalam pengadaan berbagai barang dan jasa dengan proses yang lebih cepat, praktis, dan aman.

Sharing is Caring!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.