Mesin kantor portabel bisa menjadi alternatif perlengkapan kantor bagi perusahaan startup yang masih berada dalam tahap mengembangkan bisnis. Jenis perlengkapan kantor ini tidak hanya ditawarkan dengan harga yang lebih murah, tetapi juga dapat digunakan dengan lebih praktis dan mudah. Berikut adalah sejumlah pilihan mesin kantor portabel bagi perusahaan startup dengan beragam fungsi dan kegunaannya.
Printer portabel
Printer merupakan salah satu perlengkapan kantor yang dibutuhkan untuk keperluan dokumentasi, promosi, maupun urusan surat-menyurat perusahaan. Bagi perusahaan startup, printer portabel bisa menjadi pilihan utama. Alat cetak jenis ini hadir dalam desain dan cara kerja yang lebih praktis dengan fitur pencetakan melalui teknologi Bluetooth atau jaringan internet nirkabel. Beberapa produk unggulan dari printer portabel juga menawarkan proses pencetakan yang lebih cepat dengan hasil cetak yang maksimal.
Scanner portabel
Alat pemindai atau scanner diperlukan untuk mengonversi dokumen cetak dari media kertas menjadi soft file dalam format gambar atau dokumen berformat portabel (PDF). Jika alat pemindai biasa memiliki ukuran yang sama dengan ukuran kertas pada umumnya, portable scanner berbentuk panjang dan ramping. Bentuk yang dimilikinya membuat mesin pemindai ini lebih mudah digunakan dan dibawa ke mana saja, bahkan dapat dimasukkan ke dalam tas kerja.
Meski ukurannya lebih kecil, alat pemindai portabel tetap bisa menghasilkan hasil yang beresolusi tinggi dengan proses pemindaian yang cepat. Selain itu, harga yang ditawarkan untuk pemindai jenis ini juga terbilang lebih murah.
Mesin fotokopi portabel
Dibandingkan dengan mesin fotokopi berukuran besar yang harganya bisa mencapai belasan juta rupiah, mesin fotokopi portabel bisa didapatkan dengan harga yang jauh lebih murah. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa lebih banyak perusahaan startup yang memilih portable copier sebagai perlengkapan kantor mereka.
Selain harga yang tejangkau, mesin fotokopi portabel juga memiliki sejumlah keunggulan lain. Beberapa di antaranya adalah praktis untuk disimpan dan dipindahkan, mudah dalam pengoperasian, serta hemat dalam penggunaan daya listrik.
All-in-One Printer, Scanner, and Copier
Sebagai alternatif, perusahaan startup juga bisa menggunakan satu mesin yang menyediakan tiga fitur sekaligus, yakni mencetak, memindai, serta memperbanyak dokumen. Dalam hal harga serta kepraktisan, all-in-one printer, scanner, dan copier terbilang unggul dan menguntungkan. Namun, dalam hal penggunaan, mesin jenis ini masih memiliki beberapa keterbatasan.
Baca juga : Tips Adakan Private Meeting di Coworking Space Tanpa Gangguan
Fitur fotokopi, misalnya, hanya efektif digunakan untuk menggandakan dokumen dalam bentuk lembaran terpisah. Dokumen berjilid cukup sulit untuk difotokopi karena kapasitas ketebalan kertas yang masih terbatas. Oleh karena itu, Anda juga harus mempertimbangkan apakah akan memilih perangkat percetakan all-in-one atau mesin pemindai, pencetak, dan fotokopi yang terpisah.
Proyektor portabel
Proyektor dibutuhkan sebagai media presentasi maupun perlengkapan untuk menunjang jalannya rapat perusahaan. Kini, proyektor hadir dalam berbagai ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Salah satunya adalah proyektor LED mini portabel dengan ukuran yang lebih kecil dari proyektor biasa.
Meski demikian, jenis proyektor ini tetap mampu menghasilkan tampilan yang cukup memuaskan. Bahkan, beberapa jenis proyektor portabel juga bisa dihubungkan pada ponsel pintar atau tablet di samping terhubung dengan perangkat komputer. Selain harganya yang relatif lebih murah, ukuran proyektor LED portabel yang kecil dan ringan juga kian memudahkan Anda untuk membawa mesin proyeksi ini ke mana saja.
Itulah beberapa pilihan mesin kantor portabel yang cocok digunakan oleh perusahaan startup. Daftar di atas bisa dijadikan referensi bagi Anda pemilik perusahaan startup yang tengah mempersiapkan perlengkapan kantor untuk pengembangan bisnis.
Baca juga :Â Peralatan Kantor yang Paling Sering Dibutuhkan Karyawan
Agar proses pengadaaan barang perusahaan dapat dilakukan secara lebih efisien dan tepat sasaran, Anda bisa mengandalkan Mbiz.co.id. Seluruh mesin portabel di atas dapat Anda temukan di Mbiz.co.id melalui beragam pilihan vendor yang telah berpengalaman dalam pengadaan fasilitas dan perlengkapan kantor.
Mbiz.co.id tidak hanya menyediakan layanan pengadaan barang perusahaan dengan sistem dan prosedur yang lebih praktis, tetapi juga menawarkan layanan jasa pemeliharaan dan perbaikan mesin bagi pengembangan bisnis Anda. Ada pula layanan yang bersifat kotraktual, sehingga Anda bisa menyewa mesin atau alat kantor tertentu selama beberapa bulan tanpa perlu membeli atau memilikinya. Dengan begitu, pengadaan barang yang dibutuhkan perusahaan Anda dapat dilakukan secara lebih optimal dan terstruktur.