Jenis Peralatan Kantor Untuk Startup

Peralatan Kantor Untuk Startup

Peralatan kantor merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh sebuah perusahaan, terutama perusahaan startup yang baru merintis usahanya. Kelengkapan peralatan kantor serta fasilitas pendukung lain akan membawa dampak positif bagi efisiensi dan produktivitas kerja. Sebagai upaya pengembangan bisnis yang tengah dijalankan, sejumlah peralatan kantor untuk startup.

Macam – macam peralatan kantor untuk startup

Simak beberapa peralatan kantor untuk startup yang harus dimiliki pertama kali saat Anda berencana membangun startup.

  • Furnitur kantor

Furnitur kantor untuk startup
sumber: pinterest.com

Beberapa furnitur yang harus dipersiapkan pertama kali oleh perusahaan startup meliputi kursi dan meja kerja, serta rak atau lemari untuk menyimpan folder. Sebagai tambahan, perusahaan juga perlu menyiapkan sekat pemisah antara meja atau ruangan kerja. Dalam memilih furnitur, jumlah bukan satu-satunya poin yang harus dipertimbangkan. Anda pun perlu memilih furnitur yang nyaman, ergonomis, dan memiliki ukuran yang pas untuk disimpan atau ditata di dalam kantor.

  • Perangkat komputer dan aksesorinya
Perangkat komputer untuk startup
sumber: thenextweb.com

Di era teknologi seperti sekarang, perangkat komputer menjadi kebutuhan primer yang mendukung hampir seluruh aktivitas bekerja. Meski pada umumnya pegawai telah memiliki laptop atau perangkat komputer pribadi yang bisa digunakan bekerja, pihak perusahaan tetap harus menyediakan beberapa unit komputer sebagai inventaris kantor. Perusahaan juga harus menyediakan sejumlah aksesori komputer, meliputi flash disk, CD/DVD kosong, serta cadangan tetikus atau papan ketik.

  1. Perangkat cetak dan salin
Perangkat cetak untuk startup
sumber: pcworld.co.uk

Printer, scanner, dan mesin fotokopi juga diperlukan untuk mencetak serta menyalin segala bentuk dokumen perusahaan. Sebagai awalan, perusahaan start-up bisa memilih jenis printer yang telah dilengkapi dengan fitur scanner dan photocopier. Hanya dengan menggunakan satu perangkat, Anda sudah dapat melakukan tiga tugas sekaligus, mulai dari mencetak, menyalin, hingga memindai dokumen.

Setelah perusahaan kian berkembang, ketiga tugas tersebut dapat dikerjakan oleh mesin pemindai terpisah atau mesin fotokopi berukuran besar untuk hasil kerja yang lebih optimal.

  • Perlengkapan tulis-menulis
perlengkapan tulis-menulis
sumber: myofficemagazine.co.za

Meski pencatatan dokumen lebih banyak dikerjakan dengan menggunakan perangkat komputer atau ponsel pintar, Anda tidak boleh mengabaikan perlengkapan tulis-menulis dasar. Perlengkapan seperti kertas, pulpen, buku catatan, stapler, penjepit kertas, hingga highlighter dan sticky notes harus hadir di setiap meja kerja.

Selain sejumlah perlengkapan di atas, Anda pun perlu memiliki perlengkapan tambahan untuk penyusunan atau klasifikasi dokumen. Beberapa file folder serta binder harus tersedia agar alur kerja dan pengarsipan dapat dibuat lebih teratur.

  • Perangkat komunikasi
Perangkat komunikasi untuk startup
sumber: officetelephoneshervice.wordpress.com

Perangkat komunikasi dalam hal ini dapat merujuk pada komunikasi di dalam maupun luar jaringan. Untuk komunikasi berbasis online, perusahaan harus menyediakan jaringan internet nirkabel berkecepatan tinggi dan bebas hambatan agar proses komunikasi dapat berjalan lancar.

Sementara itu, peralatan komunikasi luar jaringan dapat berupa aktivitas surat-menyurat dan sambungan telepon. Jadi, Anda juga harus menyiapkan telepon kantor, amplop, kertas surat berkop khusus, bahkan kartu nama yang bisa digunakan untuk mempromosikan perusahaan.

  • Media presentasi dan brainstorming

Media presentasi dan brainstorming
sumber: 100mentors.com

Pekerjaan dalam ruang lingkup perusahaan tidak dapat dilakukan seorang diri. Itulah mengapa aktivitas brainstorming, presentasi, atau konferensi diperlukan agar seluruh bagian dari perusahaan dapat bekerja sama dengan baik.

Untuk menjalankan aktivitas-aktivitas tersebut, Anda memerlukan sejumlah peralatan yang dapat digunakan sebagai media presentasi atau brainstorming. Peralatan tersebut meliputi proyektor dan layar, papan tulis (whiteboard) dan spidol, serta perangkat speaker jika diperlukan.

  • Peralatan tambahan dan perlengkapan untuk keadaan darurat

Kotak atau lemari P3K juga harus disiapkan oleh perusahaan sebagai perlengkapan tambahan untuk keadaaan darurat. Di dalamnya dapat diisi beberapa jenis obat standar, termasuk plester dan cairan antiseptik. Selain itu, peralatan tambahan juga dapat berupa tempat sampah, jam dinding, dan lampu yang memadai.

Itulah sejumlah peralatan kantor dasar yang harus dimiliki oleh perusahaan startup dalam tahap awal pengembangan bisnis. Menyediakan sederet peralatan tersebut memang bukan pekerjaan yang mudah. Anda harus mencari vendor yang tepercaya, membandingkan harga, serta memastikan sendiri apakah stok barang yang diinginkan tersedia atau tidak.

Baca juga : 5 Ide Dekorasi Kantor Startup Kreatif untuk Anak Muda

Untuk menyiasati hal ini dan memudahkan pekerjaan Anda, Mbiz.co.id adalah solusi yang bisa diandalkan. Dengan sistem e-procurement yang diusungnya, Mbiz.co.id akan memastikan Anda mendapatkan peralatan kantor unggulan dalam sistem yang terstruktur dengan baik. Anda bisa membandingkan harga barang yang diperlukan dengan lebih cepat dan mudah. Dokumentasi tahunan yang tercatat dengan rapi dalam sistem pun akan menampilkan perbandingan harga kebutuhan kantor Anda dari tahun ke tahun.

Sharing is Caring!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.