Cara Tepat Penggunaan Sanitizer untuk Kantor, Ini 8 Rekomendasi Penempatannya

penggunaan sanitizer untuk kantor

Semenjak pandemi COVID-19 melanda, keberadaan hand sanitizer wajib sifatnya, khususnya di area publik seperti perkantoran. Penggunaan sanitizer untuk kantor diharapkan bisa mencegah penularan COVID-19 di area tersebut. Agar sanitizer ini bisa tepat guna, maka penempatannya harus diatur sedemikian rupa. Berikut adalah cara tepat penggunaan sanitizer dan lokasi yang tepat untuk meletakkan sanitizer tersebut di dalam kantor pada masa new normal seperti saat ini.

  • Mesin Absensi

Jika kantor menggunakan mesin absensi sidik jari, maka hand sanitizer wajib untuk diletakkan di dekat mesin absensi tersebut. Pasalnya, penularan virus sangat mungkin terjadi, karena semua karyawan dipastikan akan kontak dengan mesin absensi tersebut. Dengan adanya hand sanitizer di sana, maka karyawan bisa langsung membersihkan tangannya setelah mengisi absensi.

  • Pintu Masuk atau Keluar Ruangan

Gagang pintu merupakan area yang sangat rawan menjadi tempat berdiamnya virus. Oleh sebab itu, akan sangat tepat guna jika hand sanitizer diletakkan di dekat pintu tersebut. Buatkan tempat khusus di dinding samping pintu, baik dari arah masuk atau keluar, sebagai tempat meletakkan hand sanitizer. Jadi, setelah Anda memegang gagang pintu, akan bisa langsung membersihkan tangan.

  • Kamar Kecil

Jangan lupa untuk menempatkan hand sanitizer di kamar kecil. Hand sanitizer tersebut bisa diletakkan di dekat wastafel atau pintu masuk dan keluar kamar kecil. Walau sudah tersedia sabun dan air di kamar kecil, namun keberadaan hand sanitizer akan jauh lebih praktis. Pasalnya, karyawan tak perlu menunggu lama untuk menyabuni dan membilas hingga bersih tangan mereka.

  • Kantin

Walau mungkin sudah di atur jarak antar karyawan di kantin kantor, namun tetap saja keberadaan hand sanitizer di sana sangat diperlukan. Kantin terbilang sebagai salah satu tempat di kantor, yang menjadi tempat favorit bagi bakteri, kuman, dan virus. Apalagi jika saat makan menggunakan tangan, pastikan untuk tetap mencuci tangan dengan sabun, lalu dilanjutkan dengan pakai hand sanitizer.

  • Meja Karyawan

Pastikan untuk meletakkan hand sanitizer di tiap meja karyawan, baik itu di atas meja atau pun di sampingnya. Meja beserta dengan seluruh perangkat yang ada di atasnya, merupakan lokasi yang paling banyak disentuh, baik itu secara sengaja atau pun tidak. Apalagi mengingat para karyawan menghabiskan sebagian besar waktu kerjanya di meja tersebut, membuat tangan harus dijaga kehigienisannya.

  • Ruang Rapat

Penggunaan sanitizer untuk kantor yang tepat guna adalah dengan meletakkannya di ruang rapat atau meeting room. Pasalnya, pada saat rapat, jabat tangan antara karyawan dan klien tentu tak bisa terhindarkan. Hand sanitizer tersebut bisa diletakkan pada meja yang berada di ruang rapat atau di dekat pintu ruang rapat, baik di arah masuk dan juga keluarnya.

  • Pantry 

Kantor yang menyediakan pantry atau dapur untuk para karyawannya, terbilang wajib untuk menyediakan hand sanitizer di sana. Pasalnya, para karyawan akan silih berganti menggunakan peralatan yang ada di sana, sehingga kontak, baik secara langsung atau pun tidak, sangat mungkin terjadi. Hand sanitizer bisa diletakkan di meja pantry atau dekat pintunya.

  • Sakelar Lampu

Terakhir, jangan lupa untuk menempatkan hand sanitizer di dekat sakelar lampu. Kuman, bakteri, ataupun virus, akan bisa menempel di sakelar tersebut, lalu berpindah ke tangan orang yang selanjutnya menekan sakelar tersebut. Dengan adanya hand sanitizer di area dekat sakelar ini, maka kebersihan tangan akan bisa terjaga.

Baca juga : 5 Rekomendasi Aplikasi Absensi New Normal untuk Karyawan

Penggunaan sanitizer untuk kantor akan bisa meminimalisasi penularan virus COVID-19 di area perkantoran. Tentu saja, hal itu akan bisa diwujudkan dengan lebih mudah, jika hand sanitizer diletakkan di tempat yang tepat. Ingat juga, walaupun sudah pakai hand sanitizer, tetap biasakan untuk mencuci tangan dengan benar menggunakan sabun.

Sharing is Caring!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.