Gak Goyah Walau Sedang Pandemi, Ini 4 Sektor Bisnis Tahan Krisis

sektor bisnis tahan krisis

Pandemi memang jadi momok yang paling menakutkan saat ini, khususnya untuk sektor bisnis. Lihat saja, berapa banyak perusahaan, baik skala kecil maupun besar, yang harus gulung tikar karena tak sanggup menghadapinya. Namun, bukan berarti tak ada yang mampu bertahan. Lihat saja 4 sektor bisnis tahan krisis berikut ini yang tetap kokoh walau dihantam badai pandemi. 

  • Bisnis Kuliner atau Food and Beverage 

Pelaku bisnis kuliner atau food and beverage bisa dibilang masuk kategori aman saat pandemi ini terjadi. Bisnis kuliner dianggap mampu bertahan di tengah krisis seperti sekarang ini karena kondisi di mana masyarakat selalu butuh pasokan makanan setiap harinya. Apalagi sekarang dengan adanya kurir atau ojek online, yang membuat makanan makin mudah untuk dikirimkan. 

Walaupun mungkin omzet penjualannya berkurang, namun perputaran uang yang cepat tetap terjadi di bisnis kuliner ini. Makanya, kemungkinan penutupan usaha kuliner terbilang lebih kecil, jika dibandingkan dengan jenis usaha lainnya. Anda yang ingin memulai usaha sampingan selama pandemi ini, tak akan menyesal jika memulai usaha di bidang kuliner ini.  

  • Bisnis Bahan Pangan Pokok atau Sembako 

Jual beli bahan pangan pokok di masa pandemi ini terbilang tetap bisa bertahan. Alasannya tentu saja karena bahan pangan pokok ini merupakan kebutuhan wajib atau primer yang harus dipenuhi oleh setiap orang. Walaupun misalnya ada fluktuasi harga bahan pangan pokok ini, namun tak akan sampai membuat sektor bisnis ini gulung tikar seperti sektor bisnis lainnya. 

Anda yang kebetulan memang menjalankan bisnis di bidang ini, bisa juga cari alternatif lain, untuk bisa lebih menggenjot penjualan komoditas yang Anda punya. Misalnya saja dengan memasarkan bahan pangan pokok jualan Anda secara online. Jadi, orang-orang yang malas ke pasar atau keluar rumah, bisa memesannya secara online, lalu diantarkan langsung oleh kurir atau ojek online

  • Bisnis Jasa atau Produk Kesehatan 

Ini nih, sektor bisnis tahan krisis yang begitu laku keras saat pandemi seperti sekarang ini, bisnis jasa dan produk kesehatan. Produk kesehatan seperti masker, hand sanitizer, serta beragam vitamin laris manis di pasaran, karena produk tersebut dipercaya masyarakat bisa melindungi diri mereka dari paparan virus. 

Jasa di bidang kesehatan pun tak kalah lakunya. Menggunakan aplikasi penyedia jasa kesehatan yang memungkinkan konsultasi dengan dokter secara online pun, begitu tinggi peminatnya pada saat sekarang ini. Semakin awasnya masyarakat akan pentingnya kesehatan, akan membuat sektor bisnis satu ini tetap bisa bertahan. 

  • Bisnis Pendidikan dan Pelatihan Online 

Terakhir, ada bisnis yang bergerak di bidang pendidikan dan pelatihan online. Tatap muka langsung tentu tak dimungkinkan dengan kondisi pandemi seperti sekarang ini. Makanya, kelas-kelas online pun makin lama semakin banyak bermunculan. Kebutuhan akan ilmu dan skill yang baru membuat bisnis ini tetap bisa bertahan di tengah pandemi seperti ini. 

Saat interaksi sosial langsung dibatasi, tentu hanya dengan mengikuti pendidikan dan pelatihan online saja, seseorang bisa memperoleh ilmu. Apalagi, umumnya biaya mengikuti pendidikan dan pelatihan online ini terbilang lebih murah dibandingkan dengan yang offline. Buktinya, lihat saja berapa banyak sertifikat webinar yang telah Anda atau anggota keluarga kumpulkan hingga saat ini. 

Baca juga : Ide 5 Peluang Usaha di Masa Pandemi untuk Membantu Keuangan

Tak semua bisnis gulung tikar di tengah pandemi ini, lihat saja 4 sektor bisnis tahan krisis yang telah diulas di atas. Umumnya, sektor bisnis ini bisa bertahan karena produk atau jasa yang dijualnya merupakan bagian dari kebutuhan wajib yang harus dipenuhi oleh setiap orang. Anda yang ingin memperoleh pendapatan lebih, bisa coba peruntungan dengan memulai bisnis di atas.

Sharing is Caring!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.