Ide 5 Peluang Usaha di Masa Pandemi untuk Membantu Keuangan

peluang usaha di masa pandemi

Pandemi yang terjadi memang banyak membuat orang kehilangan pekerjaannya. Jika Anda merupakan salah satunya, jangan langsung patah arang untuk berusaha memperoleh pemasukan. Anda bisa coba membuka usaha baru, yang tentunya tetap bisa berjalan walau sedang pandemi seperti ini. Penasaran apa saja peluang usaha di masa pandemi ini? Simak ulasannya di bawah ini. 

  • Berjualan Masker 

Sejak pandemi melanda, masker sudah beranjak kedudukannya menjadi barang primer untuk sebagian besar orang. Nah, Anda bisa manfaatkan peluang ini untuk memperoleh pendapatan yang sebelumnya harus terhenti karena pandemi ini. Jika Anda bisa menjahit masker sendiri tentu akan makin menghemat modal awal yang harus Anda keluarkan untuk memulai usaha ini. 

Agar usaha ini makin menguntungkan, coba untuk mengemas produk masker Anda berbeda dari yang lainnya. Jika kebanyakan masker yang dijual polos saja, Anda bisa buat dan jual masker dengan motif yang menarik, sehingga bisa menyempurnakan penampilan penggunanya. Masker yang seperti ini memang terbukti lebih banyak dicari oleh kalangan pekerja yang ingin tetap tampil stylish

  • Bisnis Kuliner 

Pandemi membuat orang makin takut untuk keluar rumah. Jika di rumah, tentu mereka akan kesulitan untuk mendapatkan makanan lezat yang selama ini sering mereka santap di restoran atau sejenisnya. Nah, Anda bisa manfaatkan peluang ini untuk memulai bisnis kuliner rumahan, yang nantinya bisa diantarkan dengan jasa kurir atau ojek online

Jika Anda memang hobi memasak, tentu bisnis ini akan bisa dengan mudah Anda mulai jalankan. Tak harus makanan berat, Anda bisa jual camilan atau makanan ringan lainnya. Anda juga bisa memilih untuk menjual frozen food yang saat ini memang sedang tren. Jangan lupa, promosikan bisnis kuliner Anda ini di media sosial, agar makin banyak pelanggan yang Anda dapatkan. 

  • Jasa Beli Sembako di Pasar

Tak semua orang merasa aman untuk keluar rumah saat pandemi. Namun, tetap saja kebutuhan pangan sehari-hari harus dipenuhi. Bagaimana kalau Anda manfaatkan kondisi ini dengan menawarkan jasa beli sembako di pasar? Jadi, Anda nantinya akan membelikan sembako atau kebutuhan dapur lainnya, sesuai dengan pesanan orang tersebut yang dikirim via daring.  

  • Berjualan Pakaian 

Peluang usaha di masa pandemi selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan berjualan pakaian. Anda bisa menjual pakaian secara online atau via e-commerce selama pandemi ini berlangsung. Jika modal belum terlalu banyak, Anda bisa coba mulai dengan menjadi reseller atau dropshipper terlebih dahulu. Terapkan strategi promosi yang mumpuni, agar pakaian laku dibeli. 

  • Jadi Freelancer atau Pekerja Lepas 

Anda bisa manfaatkan situs untuk freelancer atau pekerja lepas untuk memperoleh pendapatan setelah diputusnya hubungan kerja karena pandemi ini. Ada banyak jenis pekerjaan yang ditawarkan di situs ini, misalnya saja untuk posisi videographer, desainer grafis, content writer, copywriter, dan lainnya. 

Honor yang Anda terima pun juga terbilang lumayan, sesuai dengan beban kerja yang Anda lakukan. Bahkan, jika mungkin sudah merasa nyaman dengan pekerjaan lepas ini, Anda tetap akan melakukannya walau pandemi ini sudah berakhir. Pilih pekerjaan sesuai dengan skill yang Anda miliki, agar yang mempekerjakan Anda pun puas dengan hasilnya. 

Baca juga : 7 Dampak Resesi Ekonomi, Berisiko Tinggi Tingkatkan Angka Pengangguran

Putusnya hubungan kerja dikarenakan pandemi bukanlah akhir dari segalanya. Masih ada banyak peluang usaha di masa pandemi yang mana Anda tinggal pilih untuk melakukannya. Pahami skill apa yang Anda punya, lalu coba manfaatkan skill tersebut untuk mendapatkan uang saat pandemi seperti sekarang. Semoga berhasil, ya!

Sharing is Caring!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.