Ide Cozy Space agar Karyawan Makin Efektif Bekerja

Ide cozy space

Percaya atau tidak, suasana tempat kerja ternyata sangat berpengaruh terhadap produktivitas dan suasana hati karyawan, lho. Ruangan kantor yang ramai dan monoton cenderung membuat pegawai kurang bersemangat untuk menyelesaikan tugasnya. Sebaliknya, makin nyaman dan representatif sebuah ruang, makin efektif pula kinerja mereka.

Nah, bagi Anda yang berencana melakukan renovasi kantor tapi masih belum menemukan desain yang cocok, yuk simak daftar rekomendasi ide cozy space berikut.

  • Terapkan Desain Biofilik
ide cozy space Desain Biofilik
sumber: homediarymagazine.com

Biofilik merupakan jenis desain interior yang sedang jadi tren dalam beberapa tahun belakangan. Ide ruangan yang mengusung konsep cinta alam ini banyak diaplikasikan di perusahaan dan kantor-kantor karena terbukti efektif meningkatkan produktivitas karyawan. Perusahaan teknologi seperti Google, Apple.Inc, dan Amazon juga mengadaptasi tema ini di kantornya.

Untuk menerapkan tema biofilik, Anda perlu memasang furnitur dan dekorasi dengan model dan warna-warna natural yang mendekati warna alam, misalnya cokelat, hijau, dan biru. Jangan lupa pasang pot tanaman hijau dalam ruangan untuk memunculkan kesan segar dan nyaman.

  • Sediakan Ruang Bersantai
ide cozy space Bersantai
sumber: medium.com

Satu hal yang membuat karyawan bosan bekerja dan ingin cepat pulang ke rumah adalah minimnya fasilitas untuk beristirahat. Jadi, ruang bersantai sangat penting disediakan di kantor. Di tempat ini, pegawai bisa lepas sejenak dari tekanan dan tugas kantor yang menumpuk.

Ruang bersantai ini juga perlu dibuat sesederhana dan senyaman mungkin. Letakkan sofa-sofa empuk dan bantal kursi agar karyawan dapat meregangkan otot. Bila memungkinkan, sediakan juga tempat khusus untuk tidur siang. Dijamin kinerja pegawai akan makin meningkat.

  • Paparan Sinar Matahari yang Cukup

Riset yang dihimpun Profesor Alan Hedge dari Cornell University menyebutkan, selain kurang sehat, minimnya sinar matahari yang masuk ke ruangan justru membuat karyawan mudah mengantuk saat bekerja.

Baca juga : 7 Cara Menata Ruang Kantor yang Sempit

Nah, coba lakukan sedikit renovasi kantor agar karyawan mendapat suplai cahaya matahari yang cukup saat berada dalam ruangan. Namun, pastikan ruangan juga tidak terlalu terang, ya, agar arus kerja mereka tak terganggu, terutama saat harus berhadapan dengan layar komputer.

  • Sirkulasi Udara Baik

Sirkulasi udara adalah hal penting yang masih sering diabaikan dalam penataan ruang kerja. Ruangan yang sumpek dan pengap akibat tak mendapat cukup oksigen tentu membuat karyawan tidak betah berlama-lama di dalamnya.

Baca juga : Menilik Perkembangan Tren E-Procurement di Masa Depan

Untuk itu, pastikan udara dari luar bisa masuk ke dalam ruangan dengan leluasa. Manfaatkan ventilasi dan jendela untuk menghemat pemakaian listrik yang sedianya digunakan untuk menyalakan pendingin ruangan.

  • Pasang Dekorasi Ruangan
Dekorasi Ruangan cozy space
sumber: provokantor.com

Siapa bilang kantor tidak memerlukan hiasan atau dekorasi ruangan? Faktanya, benda-benda trivial semacam inilah yang justru membuat suasana kerja terasa makin hidup. Secara tak langsung, pemasangan hiasan pun akan membuat karyawan lebih kreatif dalam bekerja.

Karenanya, jangan ragu untuk menginstal hiasan ruangan, baik itu berupa lukisan, tanaman dalam pot, jam dinding, wallpaper, foto-foto, lampu, atau yang lainnya. Ingat, gunakan seperlunya saja, ya, sebab dekorasi yang berlebihan justru akan membuat kantor terlalu ramai dan membosankan.

Itulah beberapa ide cozy space yang dapat diterapkan di kantor Anda agar karyawan bisa lebih produktif bekerja. Jika Anda tertarik mencoba, jangan lupa penuhi kebutuhan renovasi kantor dengan berbelanja di Mbiz.co.id.

Digital platform e-procurement ini menyediakan segala kebutuhan desain interior untuk kantor dengan sistem transaksi yang mudah, cepat, dan transparan. Selain memiliki puluhan ribu stock keeping unit (SKU), Mbiz.o.id juga menawarkan jasa cleaning service, maintenance kantor, event organizer, pengadaan tenaga kerja/tenaga ahli, dan lain-lain sesuai kebutuhan perusahaan.

Mbiz.co.id pun memastikan setiap barang/jasa pesanan sampai di alamat customer tepat waktu. Tertarik? Yuk, cek katalog b2b marketplace indonesia : MbizMarket!

Sharing is Caring!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.