Persiapan Membangun Ruang Server Perusahaan Digital

Ruang Server untuk perusahaan digital

Ruang server menjadi komponen penting yang wajib dimiliki setiap korporasi, terutama perusahaan digital seperti startup. Tempat ini menjadi pusat pengelolaan segala arus operasional perusahaan sehingga semua aktivitas kantor terutama yang berkaitan dengan data center perusahaan, berjalan tanpa hambatan. Ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan saat akan membangun ruang server perusahaan.

  1. Ukuran Ruang Server

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam membuat ruang server perusahaan adalah luas ruang itu sendiri. Umumnya, makin besar suatu perusahaan atau bisnis, makin luas pula ukuran ruang servernya, sebab ini berkaitan erat dengan besaran aplikasi dan data yang harus disimpan.

Sebagai contoh, bank tentu memiliki ruang server yang lebih luas dibandingkan restoran karena harus menyimpan dan mengamankan semua database transaksi, data nasabah, arus keuangan, dan sebagainya.

  1. Tingkat Keamanan Tinggi

Ruang server merupakan pangkalan data center yang menyimpan segala informasi yang berkaitan dengan operasional perusahaan, termasuk salinan data-data rahasia. Oleh karena itu, ruangan ini harus dibangun dengan tingkat keamanan yang tinggi agar tak sembarang orang bisa masuk.

Untuk kebutuhan yang satu ini, Anda bisa menggunakan alat pemindai sidik jari atau retina scanner. Secara tingkat keamanan, pemindai retina lebih secure karena lebih susah dijebol.

  1. Pendingin Ruangan yang Cukup
Pendingin Ruangan yang Cukup
sumber: raisedaccessfloors.com

Untuk menjaga suhu ruangan tetap sejuk, gunakan pendingin ruangan berupa standing AC yang blower-nya terletak di sisi bawah atau lantai sehingga suhu bisa dialirkan melalui raised floor.

Selain itu, penggunaan AC split juga masih diperlukan. Jangan lupa sediakan backup unit yang bisa dimanfaatkan jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Pastikan indikator suhu dan kelembapan udara berada di luar ruang sehingga bisa dicek secara berkala.

  1. Fire Alarm System
Fire Alarm System
sumber: abcofire.com

Fire alarm system atau sistem deteksi kebakaran wajib diletakkan di dalam ruang server jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran akibat korsleting listrik. Agar server tidak rusak saat kecelakaan terjadi, gunakan pemadam jenis gas tabung.

  1. Tegangan Data Center
Tegangan Data Center
sumber: andryy.com

Tegangan menjadi komponen berikutnya yang berperan penting dalam server center. Pastikan Anda memasang tegangan yang stabil agar perangkat bisa bekerja dengan lancar. Nah, stabil tidaknya tegangan ini sangat bergantung pada ketersediaan UPS.

Pastikan perangkat UPS memiliki fungsi monitoring. Jika memungkinkan, pilih satu yang dilengkapi dengan teknologi semacam stabilizer dan harmonizer. Dengan begitu, kerja data center akan lebih maksimal dan efisien.

  1. Ada Perangkat Rak atau Lemari Server

Perangkat rak atau lemari server bisa dipakai sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa pasang perangkat khusus pada tiap rak agar data tetap aman tersimpan. Namun, pastikan juga semuanya bisa dikontrol secara terpusat dan terintegrasi.

  1. Material yang Aman

Ruang server lazimnya memiliki tegangan arus listrik yang besar. Maka risiko terjadi korsleting juga cukup tinggi. Untuk menghindari kecelakaan atau hal-hal yang tak diinginkan, gunakan material interior yang aman dan tidak menghantarkan arus listrik, misalnya kayu, plastik, dan kain.

  1. Instalasi Listrik Terstandar

Terakhir, pastikan ruang server dibangun dengan standar instalasi listrik dan distribusi jaringan yang tinggi. Jangan lupa untuk melakukan maintenance secara berkala agar kerusakan/ketidaksesuaian pemasangan bisa diatasi secepat mungkin.

Baca juga : Pilihan Mesin Kantor Portabel untuk Perusahaan Startup

Itulah beberapa persiapan yang harus dilakukan ketika akan membangun ruang server. Jika Anda membutuhkan jasa profesional untuk keperluan maintenance data center perusahaan, kunjungi saja Mbiz.co.id. Platform e-procurement ini menyediakan layanan profesional di berbagai bidang, mulai dari maintenance, instalasi listrik, konstruksi mekanik, penyewaan barang, sampai event organizer dan periklanan.

Selain jasa, Mbiz.co.id juga menyediakan ratusan ribu produk perlengkapan perusahaan, beberapa di antaranya adalah perangkat elektronik untuk keperluan pembangunan ruang server di kantor. Dengan sistem transaksi yang aman, cepat, dan transparan, aktivitas belanja kebutuhan kantor kini jadi lebih efisien.

Untuk informasi lebih lanjut atau tanya jawab seputar ketersediaan produk, yuk klik help@mbiz.co.id sekarang!

Sharing is Caring!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.