7 Cara Menata Ruang Kantor yang Sempit

Penataan ruang punya pengaruh besar terhadap kenyamanan saat bekerja. Karenanya, dekorasi menjadi hal yang penting diperhatikan. Tak perlu risau jika ruangan kantor Anda tak cukup luas. Berikut beberapa tips mendesain ruang kantor yang sempit yang bisa Anda praktikkan agar atmosfer kerja makin kondusif.

  1. Pilih Warna-Warna Cerah

Pemilihan warna sangat berpengaruh terhadap kesan suatu tempat. Warna yang gelap, misalnya, akan memunculkan kesan ruang kantor yang sempit. Sebaliknya, warna-warna cerah dan ringan akan membuat ruang tampak lebih lega.

Aplikasikan warna terang pada dinding dan perabot kantor, misalnya krem atau putih. Selain menghadirkan kesan luas, warna-warna ringan semacam ini juga membuat pikiran lebih tenang karena coraknya yang tak terlalu kontras.

  1. Gunakan Kaca
Gunakan Kaca
sumber: anapartisi.co.id

Kaca tidak hanya berfungsi sebagai item dekorasi, tetapi juga bisa membuat ruangan terliat lebih luas. Saat berburu peralatan dekorasi kantor, jangan lupa sisakan anggaran untuk membeli kaca, ya. Selain harganya cukup terjangkau, benda yang satu ini juga akan menghemat bujet Anda yang sedianya dipakai untuk membeli dekorasi dinding macam lukisan dan sebagainya.

  1. Hindari Terlalu Banyak Motif
Hindari Terlalu Banyak Motif
sumber: interiordesign.id

Gorden bermotif bunga, karpet dengan corak batik, atau wallpaper full motif memang terlihat menarik. Namun, tahukah Anda kalau penggunaan motif dan corak pada item décor kantor justru membuat ruangan terasa lebih sempit?

Karenanya, hindari terlalu banyak menggunakan item dekorasi yang penuh corak dan motif. Untuk kebutuhan penataan ruang sempit, Anda lebih disarankan untuk menggunakan item-item yang minim motif, atau bahkan polos. Alternatifnya, gunakan motif minimalis yang lembut seperti polkadot atau stripes yang sedang tren.

  1. Pemilihan Furnitur

Jika ruangan kantor Anda tak cukup luas, hindari menggunakan furnitur berukuran besar. Selain membuat ruang terlihat makin sempit, ini juga kurang sedap dipandang. Tipsnya, pilih furnitur berukuran minimalis tetapi tetap nyaman dipakai.  Anda juga bisa memanfaatkan rak bertingkat untuk menyimpan dokumen-dokumen atau barang inventaris kantor yang berukuran kecil.

  1. Manfaatkan Setiap Sudut dengan Maksimal
Manfaatkan Setiap Sudut dengan Maksimal
sumber: mpssoft.co.id

Tips desain kantor berikutnya adalah memanfaatkan setiap sudut kantor semaksimal mungkin, misalnya ruang kosong di bawah tangga untuk meletakkan barang, lemari dokumen, atau dimanfaatkan sebagai sudut bersantai.

  1. Kaca untuk Pembatas Ruangan

Tembok bisa menjadi penyebab ruang kantor yang sempit. Untuk mengakalinya, gunakan pembatas ruangan dari kaca besar. Ide desain yang satu ini sudah banyak diterapkan di kantor-kantor karena terbukti minimalis. Agar suasana kerja terasa nyaman dan privasi masing-masing ruang tetap terjaga, aplikasikan kaca dengan motif sedikit blur sampai ketinggian tertentu.

  1. Singkirkan Barang yang Tak Perlu

Salah satu penyebab ruangan terlihat makin sempit adalah penempatan barang dan furnitur yang sebetulnya tak begitu diperlukan. Tumpukan barang juga akan membuat suasana kerja terasa kurang nyaman. Jadi, sortir kembali item mana saja yang perlu diletakkan dalam ruang dan mana yang tidak.

Baca juga : Ini 5 Dekorasi Ruang Meeting yang Cozy

Pada dasarnya, luas sempitnya ruangan bukan masalah. Asal Anda tahu cara menatanya dengan benar. Jika masih kesulitan menemukan item décor yang sesuai dengan kebutuhan ruang kantor Anda, coba kunjungi Mbiz.co.id.

E-commerce B2B ini menyediakan segala kebutuhan kantor berkualitas dari beragam kategori, mulai dari alat tulis, dekorasi, furnitur, perlengkapan olahraga, makanan dan minuman, fashion, elektronik, sampai transportasi.

Selain itu, Mbiz.co.id juga menawarkan layanan vendor profesional di berbagai bidang jasa, mulai dari periklanan, event organizer, maintenance kantor, tenaga spesialis, instalasi dan konstruksi bangunan, penyewaan barang, dan lain-lain.

Di platform digital ini ada ratusan ribu SKU yang katalognya bisa diakses secara online. Anda pun bisa berbelanja segala kebutuhan dan perlengkapan kantor dengan lebih aman, nyaman, dan efisie

Sharing is Caring!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.