Isi Liburan Akhir Tahun di Kantor dengan Team Building

event organizer untuk team building

Team building bisa dijadikan alternatif kegiatan untuk mengisi liburan akhir tahun di kantor. Dengan melibatkan seluruh anggota perusahaan, rangkaian aktivitas dalam team building akan menjadi ajang untuk saling mengenal sekaligus meningkatkan produktivitas kerja secara bersamaan. Tapi bagaimana cara bisa menciptakan team building yang bermanfaat bagi karyawan dan perusahaan? Melalui artikel ini, kamu bisa mencari tahu salah satu caranya yaitu mencari event organizer untuk team building agar aktivitas team building sarat makna.

Apa itu team building?

Apa itu team building
sumber: aussie-reviews.com

Team building dapat dimaknai sebagai rangkaian aktivitas yang dilakukan untuk memperkuat hubungan perseorangan dalam sebuah tim. Dalam hal ini, tim merujuk pada sejumlah kelompok kerja yang tergabung di suatu perusahaan. Meski demikian, team building juga memiliki arti luas dan dapat diterapkan di jenis kelompok lain, seperti kelompok kelas di sekolah, kelompok atlet di suatu tim olahraga, maupun kelompok di dalam organisasi.

Pada dasarnya, seluruh aktivitas dalam team building disusun dengan konsep kolaboratif. Hal ini dimaksudkan agar sesama rekan kerja dapat lebih mengenal satu sama lain sekaligus dapat bekerja sama dalam menyelesaikan suatu permasalahan atau mengerjakan tugas yang diberikan.

Tujuan team building

event organizer untuk team building 1
sumber: hijinx.com

Tujuan utama team building adalah menguatkan hubungan antar-individu yang berada di lingkungan kerja yang sama. Hubungan dan kolaborasi yang terbentuk dari aktivitas team building tersebut diharapkan bisa menjadi modal untuk meningkatkan etos kerja dan mengembangkan perusahaan.

Untuk mencapai tujuan di atas, aktivitas dalam team building disusun berdasarkan empat poin pokok, yakni perencanaan untuk mencapai sasaran, penetapan peran, penyelesaian masalah, dan hubungan interpersonal. Rangkaian aktivitas tersebut dapat disusun melalui diskusi bersama rekan kerja atau dengan menggunakan jasa event organizer untuk team building.

Manfaat team building

sumber: megaadventure.com

Aktivitas-aktivitas dalam team building memiliki beragam manfaat bagi masing-masing individu maupun tim atau kelompok kerja yang terlibat. Empat manfaat berikut adalah beberapa di antaranya.

1.    Menguatkan komunikasi

Salah satu manfaat utama dari team building adalah menguatkan komunikasi antar-rekan kerja. Komunikasi yang terjalin dengan baik akan menjadi dasar yang berperan besar dalam pengembangan perusahaan. Team building memfasilitasi hal ini dengan aktivitas menyenangkan yang mendorong setiap anggota kelompok untuk saling mengenal dan memahami sifat serta kelebihan masing-masing.

2.    Meningkatkan produktivitas

Team building memberikan kesempatan bagi rekan kerja untuk bekerja sama dengan lebih intens, efisien, dan efektif. Hal ini akan mendorong produktivitas dalam menyelesaikan pekerjaan harian yang diberikan.

3.    Meningkatkan motivasi kerja

Team building juga berperan dalam meningkatkan motivasi. Ketika suatu kelompok berhasil menyelesaikan tugas dalam kegiatan ini, anggota kelompok tersebut akan merasa termotivasi dan kian percaya diri dalam mengerjakan berbagai aktivitas kerja lainya.

4.    Mendorong kreativitas

Sebuah perusahaan akan berkembang lebih pesat jika anggota atau pegawainya memiliki kreativitas dan inovasi dalam bekerja. Kedua sifat tersebut—kreatif dan inovatif—dapat dikembangkan melalui sejumlah aktivitas team building.

Beberapa ide penerapan team building

event organizer untuk team building
sumber: paranoiaquest.com

Dua pilihan aktivitas team building berikut dapat diterapkan dalam agenda liburan akhir tahun di kantor atau perusahaan Anda. Jangan lupa untuk diskusikan dulu tujuan Anda melakukan aktivitas kepada event organizer untuk team building.

1.    The Ultimate Question

  • Fungsi utama: Menguatkan komunikasi dengan rekan kerja
  • Waktu yang diperlukan: 15-20 menit

Cara bermain:

The Ultimate Question dimainkan secara berpasangan. Instruktur akan memulai permainan dengan berkata: “Jika Anda hanya bisa menanyakan satu pertanyaan untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam situasi … (sebutkan situasinya apa), apakah yang akan Anda tanyakan?”

Situasi yang diberikan bisa apa saja, misalnya bagaimana memimpin perusahaan, menerima tamu kehormatan, atau merawat seekor kucing. Aktivitas tanya-jawab ini dapat dilakukan bergantian dengan situasi yang berbeda.

2.    Sneak a Peek

  • Fungsi utama: Mengasah daya ingat dalam menyelesaikan masalah
  • Waktu yang diperlukan: 10-20 menit

Cara bermain:

Dengan menggunakan balok permainan sebagai media utama, sneak a peek dimainkan secara berkelompok dengan anggota 4-5 orang. Instruktur permainan akan menyusun balok menjadi suatu bentuk tertentu yang kemudian disembunyikan. Tugas dari tiap kelompok adalah membuat replika dari bentuk tersebut. Namun, masing-masing anggota kelompok hanya diizinkan untuk mengintip susunan balok milik instruktur dalam waktu 10 detik.

Baca juga : Pengadaan Online Juga Bantu Produktivitas Perusahaan

Melihat manfaatnya yang besar bagi peningkatan produktivitas kerja dan pengembangan sumber daya manusia, team building pantas dijadikan aktivitas untuk mengisi liburan akhir tahun di kantor tempat Anda bekerja.

Untuk menjalankan aktivitas ini, Anda bisa menggunakan jasa Mbiz.co.id agar dapat menemukan event organizer untuk team building yang paling sesuai dengan pilihan bujet dan spesifikasi yang diinginkan. Dengan begitu, tidak akan ada banyak waktu yang terbuang untuk pencarian vendor atau proses negosiasi. Tujuan utama dari aktivitas ini pun dapat tercapai sempurna.

Sharing is Caring!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.