Apa pun jenis usahanya, sebuah bisnis atau perusahaan pasti akan melakukan proses pengadaan. Produk yang didapat dari proses pengadaan ini bisa jadi digunakan secara langsung, atau diolah menjadi produk yang bernilai lebih. Maka dari itu, pengadaan di suatu perusahaan sebenarnya mencakup peralatan, perlengkapan, jasa, konstruksi, dan pembelian bahan baku.

Karena terus menerus dibutuhkan, sering kali pengadaan dilakukan secara rutin dan berjangka sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Prosesnya melibatkan negosiasi dan transaksi antar B2B (Business-to-Business) untuk mendapatkan kualitas, kuantitas, serta harga yang diinginkan. Proses yang panjang dan teliti menjadi alasan mengapa sebuah bisnis harus memiliki sistem pengadaan yang efektif.

Keuntungan yang Ditawarkan oleh E-Commerce B2B

1

Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan e-commerce. Banyak dari Anda mungkin sudah mengetahui beragam e-commerce yang ada. Definisi sederhananya, e-commerce dapat membantu Anda menemukan barang dan jasa yang dibutuhkan perusahaan dengan lebih mudah. Karena hampir semua proses dilakukan secara online, Anda pun tidak akan memakan banyak waktu untuk hunting barang serta menentukan spesifikasi yang sesuai karena semuanya sudah tertera di dalam website penyedia.

Secara singkat, berikut adalah keuntungan yang didapat baik oleh vendor atau pengguna:

  • Keuntungan untuk vendor:

Vendor bisa memasarkan produk atau jasa yang dimiliki dan mendapatkan kesempatan untuk menjaring lebih banyak klien secara online. Dengan terdaftar di Mbiz.co.id, vendor bisa memiliki reputasi yang baik, serta bersaing lebih sehat bersama vendor lainnya.

  • Keuntungan untuk pengguna:

Perusahaan pencari barang atau jasa mendapatkan pilihan vendor yang lebih banyak, perbandingan harga yang lebih beragam, serta jaminan transaksi yang lebih aman. Dengan melakukan procurement secara online, perusahaan juga lebih menghemat waktu, tenaga, dan biaya jika dibandingkan dengan pengadaan secara manual.

Memilih E-Commerce B2B yang Baik

2

Sebagai perusahaan yang membutuhkan pengadaan barang dan jasa, melakukannya secara online melalui e-commmerce akan mendatangkan banyak keuntungan. Namun begitu, Anda perlu mengetahui seperti apa e-commerce yang baik untuk Anda gunakan. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan:

  1. Kemudahan dalam Pencarian

Mungkin termasuk juga Anda, sekitar 89% pelaku bisnis saat ini mencari barang dan jasa yang dibutuhkannya secara online*. Dengan ratusan bahkan ribuan jenis barang dan jasa, e-commerce yang Anda pilih haruslah memiliki antarmuka yang mudah digunakan dan memberikan hasil pencarian yang akurat.

  1. Memiliki Banyak Pilihan Vendor

Semakin banyak pilihan vendor yang ada di dalam suatu situs e-procurement berbentuk e-commerce, semakin banyak pula jenis produk dan harga yang bisa Anda pilih. Dengan beragam pilihan, Anda akan mendapatkan barang atau jasa yang dibutuhkan dengan harga yang terbaik.

Pastikan website tersebut bukan e-commerce yang membebaskan vendor untuk mendaftar dan berjualan. E-procurement yang baik adalah ketika vendor sudah melalui proses kurasi sehingga dapat dipercaya dan terjamin kualitasnya.

  1. Efisiensi Pengelolaan Pengadaan

E-commerce B2B untuk pengadaan bukan sekadar mendukung proses jual beli, tetapi juga memastikan bahwa proses pengadaan seperti persetujuan dan penyesuaian anggaran berjalan dengan baik. Hal inilah yang tidak ditemukan pada website e-commerce B2C.

  1. Memiliki Sistem Tracking Pengiriman

Setelah transaksi berhasil dan pembayaran sudah dilakukan, hal berikutnya yang Anda lakukan pastilah menunggu barang sampai di tangan. Seperti yang dimiliki oleh Mbiz.co.id, pembeli bisa melakukan tracking terhadap barang yang sudah dibeli. Jadi, Anda akan mengetahui kapan barang mulai dikirim, berapa lama perjalanan, titik mana saja yang dilewati barang, dan kapan barang akan sampai.

  1. Memiliki Sistem Rekam Transaksi yang Detail

Seluruh hal yang terjadi dalam proses pengadaan perlu memiliki dokumentasi atau bukti. Hal ini tidak luput dari perhatian Mbiz.co.id. karena semua detail pemesanan, pengiriman, dan pembayaran yang sudah dilakukan akan tersimpan secara otomatis di arsip.

Bagaimana E-Commerce B2B Mengembangkan Bisnis Anda

3

Sesuai dengan tujuan utamanya, proses procurement yang benar akan memenuhi kebutuhan konsumtif dan produktif perusahaan. Dengan melaksanakan peraturan pengadaan barang dan jasa yang tertib, anggaran bisa digunakan secara maksimal untuk mendapatkan kualitas yang terbaik.

Hal tersebut bisa dicapai dengan adanya e-commerce B2B seperti Mbiz.co.id sebagai solusi total pengadaan.  Sistem yang transparan dengan alur yang jelas memberikan kesempatan perusahaan untuk berkembang.

Dengan sendirinya, kecurangan dalam proses pengadaan bisa terhindari. Tanpa adanya penyimpangan di dalam perusahaan, tentu perusahaan dapat berkembang lebih cepat. Selain itu, perputaran keuangan juga menjadi lebih efektif karena anggaran digunakan dengan sebaik mungkin.

*Statistik dikutip dari: https://ecommerceandB2B.com/B2B-e-commerce-trends-statistics/

 

Ditulis oleh Mbiz.co.id Team

Pioneer Total e-Procurement Solution in Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s