Lancarnya kegiatan operasional suatu perusahaan banyak ditentukan oleh kelengkapan sarana dan prasarana. Karenanya, dibutuhkan pengadaan barang untuk memastikan perusahaan maupun lembaga mampu menjalankan kegiatan sesuai dengan kerangka kerja. Proses pengadaan meliputi pengadaan barang, pekerjaan konstruksi, jasa konsultasi, dan jasa lainnya yang berkaitan dengan kegiatan operasional perusahaan.

Dalam prosesnya, terutama pada pengadaan di BUMN maupun lembaga pemerintahan, terdapat sejumlah mekanisme pengadaan barang dan jasa yang melibatkan banyak pihak. Pihak-pihak yang terlibat tersebut meliputi biro-biro yang bertugas menentukan mitra vendor untuk pengadaan, tim evaluasi, serta rangkaian proses yang panjang hingga persetujuan pengadaan.

Pengadaan di Lingkungan Instansi Pemerintahan

1

Pengadaan barang, khususnya di instansi pemerintahan, dinilai memiliki sejumlah aturan yang lebih rumit. Rumitnya proses pengadaan barang dan jasa di lingkungan pemerintahan dan BUMN tersebut disebabkan oleh pertimbangan dalam membuat anggaran yang berasal dari dana APBN dan APBD.

Berdasarkan Perpres Nomor 54 Tahun 2010, pengadaan pada lembaga pemerintah melibatkan sejumlah proses untuk menentukan vendor. Proses tersebut meliputi lelang, pemilihan langsung, serta sayembara yang sering diterapkan untuk menentukan vendor dari bidang indsutri kreatif.

Para peserta tender yang memenuhi persyaratan dapat memberikan penawaran terkait harga, produk, dan berbagai aspek lainnya yang berkaitan dengan proses pengadaan.

Di samping proses pemilihan vendor seperti yang sudah disebutkan di atas, masih ada pula tahapan penyampaian dokumen penawaran, evaluasi kualitas dan biaya, evaluasi anggaran, evaluasi biaya terendah, serta evaluasi penunjukan langsung. Masing-masing tahap tersebut mau tidak mau memakan waktu yang cukup lama demi memastikan proses pengadaan berjalan sesuai rencana dan transparan.

Untuk mengatasi minimnya efisiensi dalam proses pengadaan, lembaga pemerintah pun kini mulai menerapkan metode pengadaan berbasis elektronik. Melalui Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), pemerintah berupaya mengurangi potensi kecurangan sekaligus meminimalisasi anggaran melalui sistem yang transparan.

Pengadaan yang Rumit Dinilai Rentan Upaya Penyalahgunaan

2

 

Selain memakan waktu dan sumber daya yang tidak sedikit, pengadaan manual juga dinilai membuka peluang penyalahgunaan. Bahkan, hampir 80 persen kasus hukum yang berkaitan dengan penyalahgunaan anggaran berasal dari sektor pengadaan.

Transparansi dokumen dan anggaran pun menjadi faktor lain yang membuat proses pengadaan dinilai rumit dan rentan penyalahgunaan. Proses pemilihan vendor, persetujuan, penagihan, dan pembayaran sering kali memakan waktu lama bahkan tidak jarang pula mengalami keterlambatan. Akibatnya, perusahaan dan lembaga harus mengorbankan sejumlah aspek dalam kegiatan operasional yang dapat menghambat produktivitasnya.

Eprocurement Dapat Menjadi Solusi Tepat untuk Memangkas Proses Pengadaan yang Menyita Waktu

3

Pengadaan berbasis elektronik atau eprocurement kini mulai dilirik sebagai solusi pengadaan barang dan jasa yang bebas dari birokrasi berbelit-belit. Perusahaan dan instansi pemerintahan dapat memiliki kendali dalam melakukan proses pemilihan vendor, penawaran, serta pembayaran dalam waktu cepat karena seluruh prosesnya dapat dilakukan secara online. Sistem pengadaan berbasis online ini pun mampu menjamin kemudahan, transparansi, serta aman dan tepercaya.

Perusahaan kini dapat membandingkan beberapa jumlah vendor sekaligus melalui e-catalog. Konsumen tidak perlu lagi mengadakan proses pelelangan, mencatat anggaran secara manual, atau mencari lokasi pengiriman terdekat. Eprocurement mampu mengubah proses persetujuan, pencatatan anggaran, serta pembayaran otomatis secara online yang akan meminimalkan risiko keterlambatan maupun miskomunikasi.

Mbiz.co.id, sebagai pionir online marketplace B2B, mampu menjawab kebutuhan pengadaan barang/jasa perusahaan Anda secara aman, efektif, dan tepercaya. Dengan mengusung konsep e-commerce dalam proses pengadaan, perusahaan dapat melakukan pemilihan vendor dengan lebih mudah semudah berbelanja online.

Mbiz.co.id merupakan solusi total e-procurement yang menjamin kenyamanan dan kemudahan konsumen. Dengan memadukan inovasi, kreativitas, dan teknologi, perusahaan dapat terbantu dalam menghemat waktu, biaya, maupun sumber daya dalam melakukan pengadaan. Selain menawarkan solusi e-procurement terbaik, Mbiz.co.id pun membuka peluang bagi pemilik usaha untuk bergabung sekaligus memperluas jaringan konsumennya secara nasional.

Jadi, percayakan kebutuhan pengadaan perusahaan Anda pada Mbiz.co.id.

Ditulis oleh Mbiz.co.id Team

Pioneer Total e-Procurement Solution in Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s