Mengenal Jenis Koperasi Berdasarkan dari Jenis Usahanya

jenis koperasi

Sebagai masyarakat Indonesia, pasti sebagian dari anda sudah sering mendengar kata koperasi. Meskipun sudah sering mendengar istilah koperasi, tetapi sebagian dari anda mungkin belum memahami secara lebih jelas arti kata koperasi maupun jenis koperasi. Perlu anda ketahui bahwa koperasi merupakan organisasi ekonomi yang dipunyai serta dioperasikan oleh orang seorang untuk kepentingan bersama. 

Selain itu, koperasi yang dijalankan di Indonesia berlandaskan pada kegiatan yang berprinsip pada gerakan ekonomi rakyat dengan ada kekeluargaan. Melalui koperasi inilah, pemerintah ingin meningkatkan perekonomian pedagang mikro supaya tidak kalah dalam bersaing dengan pasar makro seperti departement store dan mall. 

Baca juga : Tips Sukses Bisnis Investasi Yang Menguntungkan

Perlu anda ketahui bahwa koperasi juga terbagi ke dalam beberapa jenis. Dimana jenis koperasi tersebut dibedakan berdasarkan beberapa faktor. Diantaranya faktor jenis usaha, tingkatan, status anggota dan fungsinya. Dalam artikelberikut  ini akan dijelaskan jenis koperasi berdasarkan jenis usahanya yang bisa menambah wawasan anda. 

  1. Koperasi Produksi
    Jenis koperasi yang pertama yaitu koperasi produksi. Dimana koperasi ini mempunyai tujuan membantu usaha para anggotanya atau melakukan usaha yang dilakukan secara bersama-sama. Terdapat berbagai macam bentuk koperasi produksi diantaranya koperasi produksi untuk peternak sapi, untuk petani, pengrajin dan sejenisnya. Koperasi jenis ini memang ingin membantu usaha para anggotanya terutama yang sedang mengalami kesulitan dalam menjalani usaha. Misalnya koperasi untuk membantu mempersiapkan bahan baku pengrajin, menyediakan bantuan pupuk dan bibit padi untuk petani dan lain sebagainya. Pelaku anggota yang tergabung dalam koperasi produksi, biasanya akan berdiskusi untuk mencari jalan keluar permasalahan yang sedang dihadapi secara bersama-sama. Adapun bentuk bantuan yang dapat diberikan bisa berupa bantuan untuk menjual hasil produksi anggotanya. Selanjutnya koperasi akan menampung semua hasil produksi supaya anggotanya dapat lebih mudah menjual barang hasil usahanya. 
  2. Koperasi Konsumsi
    Koperasi jenis ini merupakan koperasi yang menjual beragam barang kebutuhan pokok bagi anggotanya. Tentu saja harga barang tersebut ditawarkan secara lebih murah daripada harga pasaran. Misalnya koperasi menjual tepung, gula, telur, kopi dan lain sebagainya. Tentu dengan harga yang lebih murah membuat anggota koperasi bisa menghemat biaya belanja kebutuhan pokok. 
  3. Koperasi Simpan Pinjam
    Koperasi yang juga sering disebut KSP ini biasanya dikenal sebagai koperasi kredit. Dimana koperasi ini menyediakan pinjaman uang sekaligus menjadi tempat menyimpan uang bagi anggotanya. Sedangkan uang yang dipinjamkan diperoleh dari dana yang telah dikumpulkan oleh para anggotanya secara bersama-sama. Bila dilihat secara sekilas maka cara kerja koperasi simpan pinjam ini hampir sama dengan bank pada umumnya. Tetapi sebetulnya ada beberapa perbedaan antara KSP dan bank konevensional. Beberapa perbedaan tersebut bila dilihat dari segi koperasi simpan pinjam maka koperasi memberikan bunga pinjaman yang lebih ringan, pembayaran pinjaman di koperasi dilakukan secara mengangsur dan bunga hasil pijaman bisa dinikmati atau bagi hasil untuk anggota koperasi. 
  4. Koperasi Serba Usaha
    Jenis koperasi yang satu ini di dalamnya terdiri dari berbagai bentuk usaha. Berbagai bentuk usaha tersebut bisa dilakukan secara gabungan antara koperasi produksi dengan koperasi konsumsi. Bisa juga dilakukan dengan menggabungkan koperasi produksi dengan koperasi simpan pinjam.

Demikianlah penjelasan mengenai jenis koperasi berdasarkan jenis usahanya yang bisa menambah wawasan anda. Hadirnya berbagai macam koperasi memang dapat memberikan banyak keuntungan bagi masyarakat karena koperasi mengutamakan kepentingan bersama. Dengan demikian anda tak perlu ragu untuk ikut bergabung dalam sebuah koperasi selama koperasi tersebut legal dan tidak merugikan.

Sharing is Caring!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.