Peran Penting Stategic Sourcing Bagi Proses Procurement

Peran Penting Stategic Sourcing Bagi Proses Procurement

Proses pengadaan dan pemesan semua kebutuhan perusahaan selalu menjadi masalah yang selama ini dialami oleh procurement di setiap perusahaan. Masalah ini tidak boleh dianggap enteng, karena jika tidak dipikirkan dengan baik maka akan menjadi boomerang untuk perusahaan itu sendiri. Oleh karena itu, diperlukan adanya strategic sourcing untuk mengatasi masalah-masalah yang sering dialami oleh procurement ini. Untuk bisa mencapai hasil dari strategic sourcing yang berdampak, maka procurement harus paham betul mengenai pengeluaran yang dilakukan. Data yang akurat menjadi kunci penting dari berjalannya strategic sourcing yang lancar jaya.

Strategic sourcing sendiri adalah sebuah inisiatif yang direncanakan untuk mengoptimalkan pembelanjaan dengan memilih supplier yang dapat menambah pengetahuan dan nilai dalam hubungan antara pelanggan dan supplier. Strategic sourcing dalam prakteknya sering sekali terdapat masalah seperti peruabahan harga, perencanaan yang tidak terintegrasi, dan ketersedian barang.

Data-data yang lengkap dan akurat akan membantu perusahaan untuk mengetahui lebih dekat tentang para vendor, ketersedian stok barang di supplier, dan bahkan bermanfaat juga dalam memonitor layanan para penyedia produk dan barang-barang kebutuhan bisnis dengan baik dan tepat. Untuk menjalankan strategic sourcing diperlukan adanya perubahan sistem dalam perusahaan, dari yang selama ini dipakai menjadi sistem yang akan diterapkan menggunakan strategic sourcing. Setiap elemen dalam perusahaan sangat berperan penting dalam penerapan strategic sourcing ke dalam alur pengadaan atau pemesanan, dan juga pembelian semua kebutuhan perusahaan. Hal tersebut karena strategic sourcing akan membantu lebih efisien dan menekan pengeluaran perusahaan.

Di Indonesia kini ada situs yang sudah menerapkan hal tersebut. Situs Mbizmarket.co.id hadir dengan sistem procurement yang berbasis online dengan mengubah seluruh proses procurement yang konvensional menjadi online. Mbizmarket.co.id menyediakan layanan bagi para pengusaha untuk bisa melakukan procurement dengan lebih mudah cepat dengan menggunakan sistem online yang transparan dan aman. Situs Mbizmarket.co.id merupakan platform pengadaan online No.1 di Indonesia dari Mbiz yang memiliki ribuan penjual terpercaya dan ratusan produk berupa barang dan jasa, dengan pilihan harga terbaik dari setiap kategori.

Untuk mengaplikasin strategic sourcing yang tepat untuk perusahaan, perlu adanya analisa agar sourcing tersebut berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan. Strategic sourcing sendiri memiliki beberapa metode yang dapat dikategorikan sebagai berikut:

  • Basic Provider Model

Metode ini hanya berdasarkan transaksi ekonomi semata. Yang dimaksud adalah pembeli dapat memilih dan menentukan sendiri barang dari supplier yang ditawarkan dengan harga yang terendah dengan pilihan barang atau jasa yang tersebar di pasaran. Pembeli bisa kapan saja mengganti supplier, tergantung dengan negosiasi kecocokan harga dan lain sebagainya.

  • Preferred-provider Model

Metode ini berjangka panjang, supplier yang dipilih akan terus memasok barang ke perusahaan tersebut. Hal ini biasanya agar lebih efisien dan mempercepat rutinitas pembelian pada suatu perusahaan.

  • Vested Business Model

Metode ini dipakai oleh perusahaan yang ingin melakukan kolaborasi untuk hasil yang menguntungkan kedua belah pihak. Tujuannya adalah agar produk dan jasa yang dihasilkan dapat menjadi acuan keberhasilan secara bersama.

Baca juga : Peran Penting Stategic Sourcing Bagi Proses Procurement

Dan masih ada beberapa lagi metode yang dipakai banyak perusahaan untuk menjalankan bisnisnya. Untuk menerapkan strategic sourcing yang tepat, maka harus menganilisa metode apa yang dipakai dalam perusahaan tersebut terlebih dahulu, barulah bisa menentukan sourcing yang efektif.

Sharing is Caring!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.