Proses MRO Supply dalam Sebuah Perusahaan

Proses MRO Supply dalam Sebuah Perusahaan

Proses pengadaan atau pembelian atau mro supply barang pada sebuah perusahaan diuraikan menjadi beberapa tahapan agar barang yang dibeli tepat, sesuai dengan kebutuhan, dan harganya sesuai dengan pemakaian. Pengontrolan dan monitoring dari semua proses pengadaan barang ini akan melibatkan banyak departemen atau divisi terkait agar tidak ada terjadi kesalahan dan kepastian ketersediaan barang yang akan digunakan.

Pada dasarnya proses pengadaan barang terdiri dari dua tipe, yaitu barang investasi dimana barang yang dibeli tersebut bernilai investasi tinggi, memerlukan banyak spesifikasi teknikal yang tinggi dan digunakan dengan ROI atau return of investment yang terbilang lama. Kemudian, tipe barang yang kedua adalah MRO (maintenance, repair, dan operation) yaitu sebagai barang consumable atau habis pakai yang memiliki nilai transaksi kecil, tidak banyak spesifikasi teknikal, dan ROI yang rendah.

Kegiatan yang selalu rutin dilakukan adalah MRO supply atau pemenuhan kebutuhan MRO yang sering kali memakan waktu dan buaya yang terbilang tidak sedikit, apalagi jika dilakukan dengan cara dan langkah-langkah yang tidak sistematis. Tahapan-tahapan yang biasa dilakukan agar proses MRO supply atau pengadaan barang MRO sesuai dengan kebutuhan dan fungsinya, adalah sebagai berikut:

Proses Pencarian dan Identifikasi Produk

Dalam proses pencarian jenis dan tipe barang sering sekali menghadapi masalah, mulai dari tipe barang yang langka atau sulit dicari, penamaan produk yang berbeda-beda, hingga tidak lengkapnya data spesifikasi teknis atau keteragan barang yang tidak cukup atau minim sehingga mengakibatkan bagian purchasing mengalami kesulitan dan harus bekerja ekstra untuk mengidentifikasikan barang yang akan dibeli. Dalam tahap ini biasanya dilakukan dengan mencari pada katalog dari para pemasok, pencarian online, hingga menghubungi langsung dengan menelpon pemasok, atau bahkan datang langsung ke toko pemasok

Baca juga : Mengurangi Biaya MRO dengan Strategi yang Tepat

Untuk masalah pada tahapan ini, bisa menggunakan situs Mbizmarket.co.id untuk melakukan pencarian produk yang dibutuhkan. Pasa situs Mbizmarket.co.id terdiri dari ribuan supplier yang sudah terjamin dan terpercaya, sehingga perusahaan tidak perlu khawatir dengan kualitas yang ditawarkan. Pencarian lebih mudah dengan direktori produk yang lengkap sehingga memudahkan mencari barang sesuai dengan nama dan jenis.

Pemilihan Pemasok

Pemilihan pemasok juga menjadi dilemma tersendiri bagi purchasing.hal tersebut dikarenakan ada banyak sekali pemasok yang menjual produk yang sama dengan harga dan pelayanan yang bersaing. Ditengah persaingan tersebut, hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih adalah sebagai berikut:

  • Merupaka supplier asli atau ditunjuk oleh merek tersebut untuk memasarkan produk.
  • Kecepatan pengiriman surat penawaran
  • Penawaran yang diberikan
  • Ketersediaan stok barang
  • Kemudahan cara membayar menggunakan pembayaran B2B

Proses Persetujuan MRO Supply

Proses persetujuan dalam proses pembelian barang MRO sangat krusial, karena tahapan pengontrolan dan monitoring menentukan barang yang dibeli sudah tepat dan sesuai dengan permintaan. Panjangnya proses approval ini bisa mengakibatkan lamanya proses pembelian barang dan menghambat kerja operasional. Perkembangan teknologi online kini dapat membantu proses pembelian pada pembelian B2B dengan portal khusus untuk proses persetujuan ini, seperti pada situs Mbizmarket.co.id

Sharing is Caring!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.