Coworking Space Di Jakarta Cocok Perusahaan Kecil

coworking space di Jakarta

Perkembangan industri berbasis ekonomi kreatif akhir-akhir ini begitu menjanjikan. Beberapa perusahaan kecil seperti startup bertumbuhan dan memberi angin segar dalam dunia wirausaha, termasuk perusahaan Anda. Seiring hal tersebut, kebutuhan akan coworking space di Jakarta juga meningkat. Bagi perusahaan kecil, menyewa ruangan pada gedung kantor jelas memakan biaya tak sedikit. Maka, menggunakan coworking space adalah keputusan bijak.

Kehadiran ruang kerja bersama ini menjadi alternatif untuk perusahaan kecil karena menghemat biaya operasional, tetapi tetap tampak profesional dan kredibel ketika meeting dengan klien. Bekerja di sini membuat Anda fokus pada tugas-tugas kantor, tanpa terinterupsi oleh hal-hal kecil, sehingga lebih produktif.

Baca juga : 5 Kemudahan dari Pengadaan Barang dan Jasa B2B Melalui E-Commerce

Selain itu, bekerja di coworking space mendorong Anda bertemu dan berkolaborasi dengan para pekerja dari berbagai profesi. Anda bukan hanya membangun perusahaan, tetapi juga menjadi bagian dari komunitas. Bahkan, beberapa tempat sering menyelenggarakan event menarik dengan menyasar pemilik startup dan perusahaan kecil. Jelas bahwa bekerja di coworking space memberikan keuntungan bagi perusahaan kecil milik Anda, bukan?

Jenis-jenis Coworking Space di Jakarta

Jenis-jenis Coworking Space di Jakarta
sumber: Infokampus.news

Nah, sekarang Anda perlu mengetahui jenis-jenis coworking space di Jakarta yang sesuai untuk perusahaan kecil. Ini dia penjelasannya.

Traditional coworking

Traditional coworking di jakarta
sumber: Latest Technical Reviews

Pada jenis ini, ruang kerja bersama bukan sekadar bangunan fisik untuk bekerja, tetapi juga bagaimana mendorong pembentukan komunitas. Mereka yang datang ke sini memilih bisnis yang akan dikembangkan bersama, lalu bersinergi dan berkolaborasi, sehingga bisnis tersebut tumbuh cepat. Maka, coworking space menjadi semacam inkubator untuk startup.

Specialization coworking

Specialization coworking di jakarta
sumber: Curbed

Di ruang kerja bersama ini, Anda akan menjumpai beberapa perusahaan yang bergerak dalam bidang industri serupa. Alih-alih persaingan, justru dengan bertemu perusahaan serupa memungkinkan Anda berbagi ide dan peluang bisnis. Tentu saja semua akan berujung pada kolaborasi dan kemitraan, karena meski bergerak di bidang yang sama, fokus, tujuan, dan produknya tetap berbeda.

Lifestyle coworking

Lifestyle coworking di jakarta
sumber: Web Information

Coworking space jenis ini melakukan pendekatan holistik pada pekerjaan. Isu work-life balance atau keseimbangan dalam bekerja menjadi fokus dalam merancang ruang kerja bersama. Anda akan menemukan kenyamanan dalam interior ruangan, mulai dari dekorasi, furnitur, hingga pencahayaan. Terkesan santai, tetapi juga mampu mendorong Anda untuk serius bekerja. Beberapa keuntungan yang diperoleh jika Anda menjadi anggota coworking space jenis ini antara lain diskon ke restoran atau gym, kelas yoga reguler, hingga bebas menikmati makan siang dan snack di kafe yang tersedia.

Professional coworking

Professional coworking di Jakarta
sumber: 107.org.au

Jenis ini cocok untuk perusahaan kecil yang membutuhkan tampilan ruang kerja yang korporat. Tampilan formal demikian akan memberi kesan profesional dan citra positif, sehingga dapat meyakinkan klien atau calon investor untuk mau bekerja sama dengan perusahaan. Desain ruang kerja diatur secara apik, pencahayaan baik, dan resepsionis yang siap menyambut dengan ramah. Layaknya kantor sungguhan, Anda bisa menjumpai sudut diskusi atau ruang pertemuan yang privat, lengkap dengan pantry yang menyediakan teh, kopi, dan makanan ringan.

Everybody coworking

Everybody coworking di jakarta
sumber: Gorillaspace

Di ruang kerja bersama ini, siapa saja bisa datang dan menikmati beragam fasilitas yang ada. Tidak terbatas bagi perusahaan kecil, mereka yang berprofesi sebagai freelancer atau pegawai korporat yang sedang jenuh bekerja di kantor pun bisa bekerja di sini. Bahkan, Anda juga bisa bertemu dengan sekelompok mahasiswa yang sibuk berdiskusi kelompok.

Pada jenis ini, coworking space dirancang dengan konsep terbuka, inklusif, dan kolaboratif. Semua kebutuhan berbagai tipe bisnis difasilitasi dengan baik, terlihat dari keberadaan meja-meja panjang untuk diskusi, meja kerja permanen, dan ruang meeting tertutup untuk pertemuan yang lebih privat.

Baca juga : 5 Tips Membeli Meja Kantor Sesuai Kenyamanan Karyawan

Itulah 5 jenis coworking space di Jakarta yang cocok untuk perusahaan kecil. Anda dapat memilih dengan tepat mana tempat yang cocok dengan gaya perusahaan. Untuk mempermudah, kunjungi Mbiz.co.id, pelopor platform digital e-procurement di Indonesia. Di sini Anda dapat browsing beragam penyedia coworking space dari katalog online yang tersedia.

Tidak hanya itu, berbagai barang dan jasa terkait operasional kantor pun bisa ditemukan di platform ini. Mulai dari peralatan kantor, ATK, hingga jasa maintenance, event organizer, dan penyewaan. Ayo, jadikan Mbiz.co.id sebagai partner dalam pengadaan barang dan jasa perusahaan Anda.

Sharing is Caring!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.