4 Tips Memilih Merchandise untuk Brand Awareness

Merchandise untuk Brand Awareness

payung Merchandise untuk Brand Awareness

Brand awareness merupakan strategi penting dalam bisnis yang harus dilakukan perusahaan agar produknya makin dikenal masyarakat luas. Makin baik pola branding yang diterapkan, makin baik pula respons konsumen terhadap suatu produk. Nah, salah satu cara menggunakan merchandise untuk brand awareness. Benda ini biasanya dibagikan secara gratis di berbagai kesempatan, misalnya event marketing, product launching, kuis, dan acara-acara lainnya. Agar tak salah langkah, simak tips memilih merchandise untuk branding berikut.

  1. Pilih Item yang Bermanfaat

Tujuan brand awareness tidak hanya agar konsumen tertarik untuk membeli, tapi juga terus mengingat produk yang Anda tawarkan. Untuk itu, pilih jenis merchandise yang bermanfaat dan bisa dipakai terus-menerus.

Salah satu suvenir dengan nilai guna yang tinggi adalah goodie bag atau tote bag. Selain awet, tas ini juga bisa dipakai untuk berbagai keperluan. Namun ingat, pilih yang bahan dan desainnya bagus, ya. Anda bisa memakai jasa barang custom untuk pembelian merchandise dalam partai besar.

  1. Sesuaikan dengan Target Konsumen

Poin kedua yang perlu diperhatikan dalam memilih merchandise untuk brand awareness adalah kecocokan item dengan target konsumen. Jangan sampai salah menganalisis, sebab hal ini sangat menentukan kesuksesan promosi Anda.

Misalnya produk detergen dengan target konsumen ibu rumah tangga, maka jenis merchandise yang cocok antara lain barang pecah belah, payung, tas, dan semacamnya. Kesalahan mengidentifikasi tipe konsumen justru akan berakibat pada merosotnya brand awareness produk/jasa yang Anda tawarkan.

  1. Produk yang Berkualitas

Kualitas menjadi hal yang harus diperhatikan dalam memilih merchandise untuk brand awareness. Meski diberikan secara cuma-cuma, bukan berarti Anda bisa sembarangan memilih jenis barang. Sebab secara tak langsung merchandise inilah yang berperan sebagai media promosi akan produk/jasa Anda.

Makin berkualitas suatu barang, makin berkesan pula benda tersebut di mata konsumen. Sebaliknya, merchandise dengan kualitas rendah justru akan membuat image brand Anda menjadi buruk.

Berkualitas tak selalu harus mahal, kok. Ada banyak pilihan produk bagus nan murah meriah yang bisa dijadikan merchandise, misalnya payung, handuk, kalender meja, jam dinding, kotak makan, bolpoin, block note, mug, tumbler, gantungan kunci, kipas, dan masih banyak lagi yang lainnya. Sesuaikan saja dengan kebutuhan dan bujet perusahaan.

  1. Bisa Dipakai Berulang Kali

Salah satu target brand awareness adalah agar konsumen mengingat suatu produk atau jasa terus-menerus. Nah, salah satu trik yang perlu dicoba adalah dengan memberinya jenis merchandise yang dapat digunakan berulang kali dalam jangka waktu yang lama.

Makin lama suatu merchandise dipakai, makin melekat pula image brand Anda di ingatan mereka. Jadi, hindari memilih jenis suvenir yang mudah rusak dan hanya bisa digunakan dalam beberapa kali pemakaian.

Contoh barang yang bisa dipakai berulang kali antara lain kaus, payung, handuk, tempat makan dan minum dari plastik, jam dinding, flash disk, power bank, jaket, helm (untuk produk kendaraan bermotor roda dua), dan lain-lain.

Baca juga : Inspirasi Parcel Unik untuk Korporasi Sambut Natal dan Tahun Baru

Meski terkesan sepele, benda ini punya andil besar dalam menentukan sukses tidaknya promosi yang Anda lakukan. Survei yang dihimpun British Promotional Merchandise Association (BPMA) menyatakan setidaknya 82% konsumen akan menyimpan merchandise yang diperolehnya. Dengan kata lain, benda ini memiliki nilai dan jangka waktu promosi yang tak terbatas.

Jika memerlukan rekomendasi vendor yang menyediakan jasa barang custom untuk keperluan promosi, klik saja Mbiz.co.id. Digital e-procurement ini menyediakan ratusan ribu produk dari berbagai kategori yang bisa diakses secara online. Anda pun akan lebih leluasa dalam memilih produk yang tepat untuk kebutuhan brand awareness perusahaan.

Selain barang, Mbiz.co.id juga menyediakan layanan jasa berupa maintenance kantor, jasa advertising, event organizer, tenaga spesialis, cleaning service, dan bidang jasa lain yang dikelola secara profesional. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, penuhi kebutuhan merchandise untuk promosi dengan belanja di Mbiz.co.id!

Sharing is Caring!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.