Tips Gaet Kandidat Purchasing yang Tepat di Job Fair

lowongan kerja purchasing

Sampai saat ini, job fair masih diandalkan perusahaan untuk menemukan kandidat terbaik. Pasalnya, selain menghemat waktu, job fair juga mampu menghadirkan pilihan calon kandidat yang beragam. Anda bisa bertatap muka langsung dengan mereka sebelum proses rekrutmen. Nah, jika Anda membuka lowongan kerja purchasing di acara job fair, ini tips-tips yang harus dilakukan agar kandidat yang mencari lowongan kerja purchasing tertarik.

  1. Membuat Stan yang Unik
job fair purchasing lowongan
sumber: insights.ges.com

Mulailah menggaet kandidat dengan menampilkan desain stan unik. Berikan sentuhan teknologi digital pada stan Anda agar semakin menarik. Layar portabel, banner berisi iklan, dan sosial media juga mesti ikut melengkapi stan.

Selain menyediakan peralatan pendukung, di stan juga harus ada tim sesuai posisi yang Anda tawarkan. Jika memungkinkan, upayakan mereka membuat demonstrasi pekerjaan selama job fair berlangsung. Tampilkan sisi uniknya agar kandidat tertarik. Sebagai penyempurna, pastikan tim mengenakan outfit selaras dan kompak.

  1. Tunjukkan Budaya dan Fleksibilitas Perusahaan

Setelah mendesain stan, kini saatnya Anda menunjukkan karakteristik perusahaan. Tampilkan budaya dalam perusahaan sehingga muncul impresi menarik di mata kandidat. Sebagai contoh, Anda memiliki perusahaan penerbitan buku, tunjukkan suasana yang lebih santai dan kasual. Tawarkan makanan ringan dan minuman gratis agar kandidat mau mampir ke stan  Anda.

Di samping tertarik pada budaya perusahaan, kandidat pun biasanya mencari fleksibilitas dalam bekerja. Untuk itu, cobalah mempromosikan tugas dan peran purchasing di perusahaan. Tunjukkan bahwa, melalui posisi purchasing, kandidat leluasa mengatur kehidupan sosial dan karier.

  1. Buat Games atau Kuis Menarik Selama Job Fair

Bangun komunikasi dengan kandidat melalui aktivitas games atau kuis. Biarkan mereka menghampiri stan Anda, lalu ajak bermain bersama. Dari sini, Anda bisa melihat karakter dan kemampuan mereka. Di samping itu, kegiatan tersebut dapat menciptakan buzz antara peserta yang mengikuti.

  1. Siapkan Pertanyaan Spesifik untuk Interview Singkat
job fair face to face interview
sumber: InterExchange.com

Wawancara singkat untuk posisi purchasing harus menggabungkan unsur keterampilan dan kualifikasi akademik. Untuk jabatan staf purchasing, Anda perlu mencari kandidat yang pandai bernegosiasi. Minimal mereka memahami kebutuhan kantor, mampu menyeleksi rekanan pengadaan, serta memastikan ketersediaan barang.

Baca juga : 5 Kemudahan dari Pengadaan Barang dan Jasa B2B Melalui E-Commerce

Jika membutuhkan kandidat purchasing untuk posisi senior, pastikan mendapatkan calon yang berpengalaman di segmen manufaktur. Calon kandidat harus mengetahui dan hafal produk kebutuhan perusahaan. Ia juga wajib memiliki kemampuan baik dalam memilih pemasok terbaik.

Kesimpulannya, calon kandidat purchasing harus memiliki soft skill bagus dalam negosiasi, berpikir kritis, dan berkomunikasi. Ia juga mesti menguasai pengetahuan riset pasar dan strategi pengadaan barang. Untuk itu, Anda perlu mengajukan pertanyaan-pertanyaan spesifik tentang operasional dan situasional, peranan purchasing, dan behavioral.

  1. Memberikan Tahapan Rekrutmen yang Jelas dan Profesional

Kandidat menyukai perusahaan yang mampu bersikap profesional saat seleksi karyawan berlangsung. Artinya, mereka menginginkan kejelasan dari mulai jadwal rekrutmen sampai pengumuman. Berikan kepastian waktu dan biarkan para kandidat mengetahui proses yang akan Anda lakukan selanjutnya.

Jika kandidat berusaha mencari tahu tentang perusahaan, berikan jawaban memuaskan. Pastikan mereka mendapatkan informasi langsung dari Anda. Pasalnya, kandidat menyukai keterbukaan, kekeluargaan, dan keramahan perusahaan.

Ketika mengikuti job fair, pastinya Anda membutuhkan perlengkapan kantor untuk digunakan di stand. Agar mendapatkan peralatan berkualitas, pilihlah mitra pengadaan (e-procurement) yang mampu menyiapkan kebutuhan secara berkala. Salah satu mitra e-procurement terbaik adalah Mbiz.co.id.

Mbiz.co.id merupakan perusahaan berbasis e-commerce B2B yang bergerak untuk menyederhanakan kerumitan dalam proses e-procurement konvensional. Mbiz.co.id meringkas langkah-langkah pemesanan barang, seperti peralatan kantor dan penyimpanan, elektronik dan komunikasi, serta grosir. Di samping itu, Mbiz.co.id juga menawarkan jasa, antara lain maintenance kantor, man power, repair operations pabrik, media placement, dan event organizer.

Demi kelancaran gelaran acara lowongan kerja purchasing di job fair, tak perlu ragu lagi memilih Mbiz.co.id sebagai mitra. Segera pesan barang yang dibutuhkan dan lihat bagaimana produk Mbiz.co.id membantu membangun impresi perusahaan Anda.

Sharing is Caring!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.