Pertama di Indonesia, Kemudahan dalam E-Procurement Berbentuk E-Commerce

Procurement adalah sebuah proses pemenuhan kebutuhan perusahaan akan barang atau jasa. Secara tradisional, banyak tahap yang harus dilakukan oleh perusahaan sebelum mendapatkan barang atau jasa yang dibutuhkan. Proses dimulai dari analisis kebutuhan secara kualitas dan kuantitas, pemilihan vendor, negosiasi harga, persetujuan dari semua pejabat perusahaan dan bagian keuangan, lalu barulah diakhiri dengan transaksi dan pengiriman barang.

Karena biasanya dilakukan dalam kuantitas besar, proses persetujuan pada pengadaan tradisional bisa jadi berbelit. Harus dilakukan proses verifikasi agar tidak terjadi kecurangan dalam pengadaan barang dan jasa. Procurement adalah kegiatan rutin perusahaan serta tergantung kebutuhan perusahaan.

Untuk menyederhanakan kerumitan yang ada pada procurement, Mbiz.co.id hadir sebagai solusi total pengadaan. Mengusung konsep e-procurement, Mbiz.co.id menawarkan proses pengadaan yang lebih mudah, hemat waktu, transparansi biaya, hingga pengiriman yang aman.

Bagaimana E-Procurement Bekerja?

1

Mekanisme pengadaan barang dan jasa secara elektronik atau ­e-procurement bertujuan untuk mengurangi proses pengadaan yang selama ini dilakukan secara tradisional. Dengan kemudahan yang ditawarkan, kegiatan pengadaan bisa dilaksanakan secara lebih efisien. Beberapa asas yang diperkenalkan oleh e-procurement adalah:

  • At the Right Place

Sistem e-procurement memungkinkan Anda untuk mengetahui setiap tahap dari proses pengiriman. Inilah mengapa Mbiz.co.id menampilkan progress bar yang akan memberi tahu Anda sampai mana tahap pengiriman barang. Dengan progress bar, Anda pun bisa mengetahui estimasi kapan barang akan sampai di tempat Anda.

  • Less Time-Consuming

Ketepatan waktu adalah segalanya dalam bisnis. E-procurement membuat sistem pengadaan perusahaan Anda lebih hemat waktu. Dengan memangkas waktu dalam melakukan belanja perusahaan, kegiatan bisnis dalam perusahaan bisa berjalan lebih lancar dan efisien.

  • Has the Right Quantity

Karena transaksi dilakukan secara elektronik, semua pendataan pun diserahkan secara digital. Jadi, Anda sebagai pembeli tidak perlu khawatir barang habis tanpa terpantau. Mbiz.co.id akan memastikan produk lengkap dan tidak berkurang secara kuantitas maupun kualitas ketika sampai di tangan pembeli.

  • From the Right Source

Untuk memastikan perusahaan mendapatkan produk terbaik, kualitas produk barang atau jasa harus diperhatikan. Vendor sebagai sumber haruslah perusahaan yang tepercaya dan menjual produk berkualitas asli bukan tiruan. Mbiz.co.id menjamin seluruh vendor memiliki dokumen legal yang lengkap untuk terdaftar di katalog online. Seluruh barang yang disediakan pun sudah melewati sistem quality check yang mumpuni agar terjamin kualitasnya.

Hampir seluruh proses e-procurement dilakukan secara online. Ini memberikan kebebasan waktu bagi pembeli untuk menentukan apakah vendor sudah dirasa tepat dan spesifikasi produk masuk ke dalam standar kebutuhannya.

Saat ini, bukan hanya perusahaan swasta yang sudah memanfaatkan sistem e-procurement, tetapi juga BUMN dan dinas kepemerintahan lainnya. Lebih dari sekadar pengadaan secara online, Mbiz.co.id mengusung konsep e-commerce yang semakin memudahkan proses e-procurement.

Dengan desain dan interface website yang dirancang seperti e-commerce pada umumnya, pencarian produk pada e-procurement bisa lebih mudah terutama bagi perusahaan yang belum menentukan produk yang akan dipesan.

Keuntungan Menggunakan E-Commerce dan E-Procurement dalam Satu Sistem

2

Salah satu keuntungan online procurement adalah hemat waktu. Bayangkan, jika dilakukan secara manual, mencari vendor dan memilih spesifikasi barang yang sesuai mungkin akan memakan banyak waktu. Pada e-commerce, SKU dan spesifikasi produk sudah dicantumkan sehingga pembeli tinggal membandingkan untuk mendapatkan yang terbaik. Cukup dengan menjelajah kategori atau memasukkan nama barang atau jasa pada kotak pencarian, Anda sudah bisa mendapatkan daftar produk  yang bisa dipilih.

Kedua, pembeli mendapatkan harga yang terbaik dari vendor pilihan. Mbiz.co.id menawarkan berbagai vendor untuk setiap kategori barang dan jasa. Ini memberikan ragam pilihan harga yang bersaing sehingga bisa disesuaikan dengan anggaran.

Bukan Hanya untuk Pengguna, Vendor pun Bisa Mendapatkan Keuntungan

3\

Sebagai solusi total pengadaan, Mbiz.co.id juga mendatangkan keuntungan bagi vendor. Jika pada pengadaan tradisional vendor harus berasing ketat dalam proses lelang pengadaan, pada e-procurement persaingan antar vendor bisa dilakukan dengan lebih sehat.

Semakin banyak produk yang ditawarkan melalui e-commerce procurement, semakin besar kesempatan vendor untuk mendapatkan pesanan. Karena biasanya pesanan datang dalam kuantitas yang besar, vendor yang terdaftar pada e-commerce procurement adalah vendor yang sanggup menyediakan produk sesuai kualitas, kuantitas, dan jangka waktu yang ditentukan.

Masing-masing pembeli dan vendor mendapatkan kesempatan yang besar untuk bertemu dengan bisnis lain yang akan saling menguntungkan. Untuk mengetahui lebih lanjut, Anda dapat langsung mengunjungi Mbiz.co.id dan rasakan berbagai kemudahan pengadaan yang ditawarkan untuk perusahaan Anda.

Sharing is Caring!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.