Dalam memenuhi kebutuhan pengguna, e-commerce dan Software as A Service (SaaS) memiliki kemampuan yang berbeda. Keduanya dapat digunakan portal penjualan Business-to-Business (B2B) seperti yang ditawarkan oleh Mbiz.co.id.

Sebagai pelopor e-procurement di Indonesia, Mbiz.co.id datang dalam bentuk e-commerce. Pertanyaannya, apa yang membuat Mbiz.co.id memilih sistem e-commerce, dan apa kelebihannya jika dibandingkan dengan SaaS?

Pengertian E-Commerce dan SaaS

1

Beberapa waktu belakangan, para pengembang portal online untuk penjualan menghadapi pilihan yang memiliki kelebihan masing-masing. Di antaranya adalah e-commerce dan Software as A Service atau yang lebih sering dikenal dengan SaaS.

Pada dasarnya, e-commerce adalah semua perdagangan melalui media elektronik termasuk internet dan televisi. Namun saat ini, istilah e-commerce lebih erat berkaitan dengan kegiatan jual beli online. Kemudahan membeli barang tanpa harus keluar rumah menjadi daya tarik tersendiri.

Bagi pengembang, membangun sebuah website e-commerce melibatkan proses yang lebih rumit. Pengembang atau web developer harus memiliki kemampuan andal untuk membuat sistem, mengelola administrasi web hosting dan server, dan melakukan pemutakhiran secara berkala.

Sementara itu, Software as A Service atau SaaS merupakan sebuah bentuk dari cloud computing. Dengan mengeluarkan biaya di awal, pengembang sudah bisa mendapatkan fitur-fitur aplikasi. SaaS tidak menggunakan server melainkan melakukan penyimpanan data pada cloud atau awan.

Pengguna tidak perlu mengunduh SaaS pada perangkat dan bisa langsung dibuka melalui web browser. Semua data yang dimasukkan dan terjadi selama interaksi di SaaS juga akan tersimpan di dalam awan.

Kelebihan Pengadaan Barang dan Jasa Melalui E-Commerce dan SaaS

2

Bagi pengembang atau pengelola, e-commerce dan SaaS tentu memiliki kelebihan yang signifikan. Walaupun memiliki sedikit kerumitan pada pengembangan dan maintenance, e-commerce dianggap lebih aman karena menggunakan server sebagai penyimpan data. Selain itu, pengembang website e-commerce lebih bebas mengubah tampilan dan fitur yang ada di dalamnya.

Sedangkan di sisi lain, SaaS merupakan sistem yang lebih sederhana dan mudah untuk digunakan. Biasanya, SaaS didapat dari sebuah provider yang menyediakan penyewaan server. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh SaaS adalah harganya yang cenderung lebih murah pada awal pembuatannya. Perusahaan yang menggunakan SaaS hanya perlu membayar layanan yang dibutuhkan.

Lalu, Apa Saja Kekurangan dari Masing-Masing Portal?

3

Selain kelebihan yang dimilikinya, terdapat pula beberapa kekurangan dari website berbentuk e-commerce dan SaaS. Berikut adalah sedikit gambaran mengenai kekurangan masing-masing portal:

  • Cloud Computing, Kelebihan Sekaligus Kekurangan SaaS

Jika Anda melihat dari sisi pengguna, SaaS mungkin menawarkan kemudahan serta cara yang lebih hemat untuk membangun portal penjualan B2B. Namun, Saa pun memiliki beberapa kekurangan. Di antaranya adalah komputasi awan atau cloud computing yang diusungnya. Dengan menyimpan data di awan, data pembeli dan transaksi lebih rentan untuk hilang atau dibajak.

Kekurangan lain dari SaaS adalah pengguna tidak bebas untuk melakukan customization atau penyesuaian. Pembaruan dilakukan langsung oleh provider dan mungkin akan memengaruhi penyesuaian yang ingin dilakukan oleh pengguna.

  • Harga, Salah Satu Pertimbangan Besar untuk Memilih E-Commerce

Salah satu hal yang dianggap sebagai kekurangan dari e-commerce adalah harga hosting dan server yang tidak murah. Di satu sisi, kebebasan untuk menyesuaikan memang menjadi kelebihan dari e-commerce. Namun begitu, ini berarti perusahaan pengguna harus memiliki tenaga khusus untuk melaksanakan administrasi dan penyesuaian fitur yang ingin ditampilkan di website.

Untuk memudahkan Anda, kini sudah terdapat penyedia e-commerce yang mmeberikan layanan e-procurement secara gratis seperti Mbiz.co.id. Ini tentu akan menghemat banyak biaya dibandingkan penggunaan SAAS. Selain itu, dengan keamanan data yang ditawarkan, e-commerce memang lebih cocok untuk skala layanan yang lebih besar dibandingkan dengan SAAS.

Sebagai Pembeli, Layanan Mana yang Perlu Anda Pilih?

4

Setelah menilik kelebihan dan kekurangan e-commerce dan SaaS dari segi pengguna, Anda pun harus mengetahui platform mana yang lebih baik untuk Anda gunakan sebagai pembeli. Jika Anda mewakili perusahaan yang ingin melakukan procurement B2B secara online, Anda mungkin harus memilah platform yang paling sesuai.

Jika keamanan adalah faktor penting bagi Anda, sebaiknya Anda memilih platform berbentuk e-commerce seperti Mbiz.co.id. Dengan bentuk e-commerce, semua data  pembelian dan transaksi Anda tersimpan dengan aman di dalam server miliki Mbiz.co.id. Hal tersebut tentunya penting untuk Anda perhatikan demi keselamatan dan kerahasiaan data. Inilah juga mengapa e-commerce lebih direkomendasikan untuk e-procurement pemerintahan atau sering juga dikenal dengan Business-to-Government.

Mbiz.co.id dan SaaS mungkin memiliki kelebihannya masing-masing. Namun, untuk mendapatkan solusi total pengadaan yang aman dan tepercaya, Mbiz.co.id adalah pilihan terbaik.

 

Ditulis oleh Mbiz.co.id Team

Pioneer Total e-Procurement Solution in Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s