Mengevaluasi performa perusahaan sangat penting guna mengetahui letak kekuatan dan kelemahan bisnis yang sedang dijalankan. Hasil evaluasi yang tidak sesuai dengan ekspektasi tersebut pada akhirnya dapat menjadi acuan untuk melakukan transformasi di dalam perusahaan.

Perfoma perusahaan dapat diukur dengan sejumlah faktor yang disebut Key Perfomance Indicator (KPI). Dalam setiap bidang bisnis, KPI yang digunakan berbeda-beda. Pada bisnis retail, misalnya, ukuran tersebut dapat ditentukan dari pembelanjaan modal, kepuasan pelanggan, jumlah penjualan, dan sebagainya. Faktor-faktor ini tidak sepenuhnya bisa diberlakukan pada bank atau jenis bisnis lainnya.

Procurement dan Performa Perusahaan

Procurement dan Performa Perusahaan

Secara umum, salah satu faktor yang berdampak pada performa perusahaan adalah manajemen procurement atau pengadaan barang dan jasa. Procurement yang dilakukan secara konvensional biasanya harus melewati prosedur yang cukup rumit dan memakan waktu.

Ada sejumlah tahap yang harus dijalani dalam prosedur procurement, yaitu identifikasi kebutuhan, penentuan sumber barang atau daftar vendor, pemilihan vendor berdasarkan pertimbangan tertentu, pembuatan purchase order, monitoring barang yang dipesan, invoice verification, dan pembayaran.

Faktanya, pelaksanaan tahap-tahap ini di lapangan tidak semudah yang diharapkan. Tidak sedikit kendala yang harus dihadapi oleh perusahaan. Mulai dari mark up harga produk karena kurangnya transparansi, hingga vendor yang ternyata tidak kompeten dan berkualitas.

Jika tidak ditangani, kendala-kendala tersebut sangat berpengaruh terhadap performa perusahaan, baik dari segi finansial maupun nonfinansial. Sebagai contoh, ketika barang berupa bahan baku yang dibeli dari vendor tidak sesuai dengan kualitas yang diharapkan, perusahaan pasti dirugikan. Pasalnya, hal ini secara tidak langsung akan berdampak terhadap kepuasan pelanggan yang membeli produk jadi dari perusahaan.

Kendala berupa proses pengadaan yang terlalu lama juga kerap menjadi faktor penyebab menurunnya performa suatu perusahaan. Pemilihan vendor yang tak kunjung disepakati hingga harga yang tidak jelas adalah masalah-masalah yang biasanya memperlambat proses tersebut.

Strategi Procurement yang Tepat

Strategi Procurement yang Tepat

Dalam upaya untuk menghindari kerugian finansial maupun non-finansial tersebut, sebagian besar perusahaan kini mulai melakukan transformasi pada  sistem pengadaan barang dan jasa. Procurement konvensional yang masih mengandalkan cara-cara manual perlahan-lahan ditinggalkan.

Pilihan pun jatuh pada sistem pengadaan barang dan jasa yang lebih efektif dan efisien, yaitu e-procurement. Ini adalah metode pengadaan jasa dan barang yang mengandalkan teknologi internet sebagai sarana informasi dan komunikasi. Strategi yang baru ini menawarkan beragam keunggulan dan mengatasi kelemahan yang sebelumnya ditemukan pada procurement konvensional.

Dengan e-procurement, waktu yang dibutuhkan untuk pengadaan barang dan jasa dapat dipangkas menjadi lebih singkat. Beban kerja semakin berkurang karena prosedur yang harus dilalui lebih ringkas. Perihal transparansi pun bukan lagi ceruk berbahaya yang kerap membuat pihak manajemen perusahaan was-was karena potensi penyalahgunaan.

Ketika sistem procurement yang digunakan benar-benar transparan, cepat, aman, dan praktis, bukan tidak mungkin performa perusahaan akan melejit. Pada akhirnya, profit akan meningkat dan perusahaan semakin maju.

Solusi Total E-Procurement

Solusi Total E-Procurement

E-procurement semakin diminati karena memberikan dampak yang signifikan. Salah satu platform digital yang merupakan pelopor dalam bidang e-procurement adalah Mbiz.co.id. Dengan konsep e-commerce, platform ini mempertemukan customer dan vendor dalam sebuah sistem yang ideal.

Melalui Mbiz.co.id, customer bukan hanya dapat memilih produk dan jasa dari puluhan ribu Stock Keeping Unit (SKU) produk melalui sebuah katalog online. Layanan ini juga memudahkan customer mengatur dokumen yang berhubungan dengan administrasi keuangan. Keunggulan lainnya, Mbiz.co.id memastikan barang tiba di lokasi customer dengan aman dan tepat waktu.

Memilih e-procurement untuk kepentingan pengadaan barang dan jasa dalam perusahaan jelas merupakan langkah cerdas. Bagi perusahaan, ini adalah salah satu faktor yang dapat mendongkrak performa dan mengatasi kendala-kendala yang seharusnya tidak ada. Bagi tim procurement, metode ini dipastkan lebih mudah dan praktis sehingga beban kerja pun otomatis lebih sedikit.

Bagi perusahaan Anda yang tertarik untuk mendaftar di Mbiz.co.id, silahkan mengontak help@mbiz.co.id

Ditulis oleh Mbiz.co.id Team

Pioneer Total e-Procurement Solution in Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s