Sebuah perusahaan pasti menghasilkan produk atau jasa yang perlu mencapai konsumen kemudian terjual atau terpakai. Keberadaan ini sendiri bertujuan tentunya untuk mendapat keuntungan maksimal dari segala usaha yang dilakukan. Satu hal penting dalam pemasaran usaha, ekuitas merek adalah hal yang berperan penting dalam keterjualan produk.
Mengenal Ekuitas Merek
Ekuitas merek sendiri dapat diartikan sebagai nilai yang dibawa oleh sebuah merek yang diusung oleh perusahaan terhadap perusahaan sendiri. Dengan kata lain, ekuitas ini adalah emosi yang hadir ketika calon konsumen melihat keberadaan sebuah brand atau merek tertentu. Ketika terjadi hubungan tinggi dari si konsumen dan sebuah merek, maka dapat dikatakan ekuitasnya tinggi.
Menurut David Aaker, seorang pengamat ekonomi menggambarkan ekuitas merek sebagai sebuah nilai yang ada pada sebuah merek. Nilai yang dimaksud mengacu pada perilaku konsumen dalam berpikir, merasa, dan bertindak pada keberadaan sebuah merek dari suatu perusahaan. Ketika sebuah merek menjadi lebih terkenal, maka penjualan akan lebih tinggi dan ekuitas meningkat.
Kegunaan Ekuitas Merek
Meskipun sering dianggap sepele, keberadaan ekuitas memainkan peranan penting dalam perusahaan dan keterjualan produk. Setiap pebisnis pasti menginginkan tingkat kepercayaan konsumen pada produk yang dikeluarkan sangat tinggi atau dapat dipercaya. Secara mendasar, beberapa kegunaan dari ekuitas merek sendiri yaitu:
1. Tahan Terhadap Persaingan Bisnis
Ekuitas merek berperan penting dalam dunia persaingan antara satu produk dan juga produk lainnya. Misalnya saja pada smartphone Apple yang harganya mencapai belasan juta rupiah, masih tetap laku ketika ada banyak saingan yang lebih murah.
Ini dicapai saat sebuah perusahaan berhasil membentuk branding yang kuat dan berhasil memikat kepercayaan serta loyalitas pada merek tertentu. Tingkat ekuitas merek yang tinggi membuat sebuah perusahaan tidak perlu lagi khawatir terkait dengan kompetitor bisnis di sekitarnya.Â
2. Tidak Perlu Khawatir Soal Perang Harga
Satu hal paling lazim yang ada di pasaran yaitu berlomba-lomba menggunakan perang harga untuk bersaing. Banyak produk baru yang hadir dengan berbagai keunggulannya dengan harga yang terbilang sangat murah dibanding yang lain. Keuntungan punya ekuitas merek adalah sebuah merek dagang dapat memasang harga tinggi tanpa takut tersaingi oleh yang lain.
Keberadaan harga yang tinggi akan dianggap sebagai sebuah kewajaran ketika sebuah brand menghasilkan barang yang berkualitas. Hasilnya adalah pelanggan akan tetap setia membeli barang tersebut karena sudah tertanam barang tersebut punya kualitas lebih terjamin.
3. Mudah Memperbanyak Diferensiasi Produk
Saat sebuah brand punya posisi ekuitas kuat di pasaran, maka selain harga, perusahaan juga tidak perlu takut meluncurkan produk lainnya. Misalnya ketika hendak mengeluarkan model sepatu baru, tidak perlu khawatir akan persaingan pasar karena sudah ada kepercayaan yang terbentuk pada pelanggan.
Baca juga : 7 Manfaat Laporan Laba Rugi Perusahaan Jasa
Diferensiasi produk akan menjadi lebih mudah dijalankan sehingga competitor dengan produk yang sama, akan kalah secara langsung. Tidak mengherankan ketika produsen besar seperti Nike misalnya membuat berbagai produk di bawah brandnya tanpa takut tersaingi. Semua orang telah percaya bahwa kualitas produk dari brand tersebut sudah tidak perlu diragukan lagi.
Jadi brand equity adalah hal yang penting dalam sebuah bisnis utamanya untuk tetap berinovasi dan memastikan produk terjual. Jangan pernah ragu melakukan branding pada merek yang dimiliki karena ini akan berperan secara langsung ke depannya. Fokuslah untuk membentuk kesadaran, persepsi, asosiasi, kemudian loyalitas dari konsumen pada merek yang dimiliki.Â