7 Manfaat Laporan Laba Rugi Perusahaan Jasa

laporan laba rugi perusahaan jasa

Perusahaan ada yang bergerak di bidang usaha barang dan ada usaha jasa yang keduanya membutuhkan adanya laporan, salah satunya laporan laba rugi. Sebuah jenis laporan keuangan yang berisikan grafik pendapatan dan pengeluaran dari perusahaan. Berikut ini manfaat laporan laba rugi perusahaan jasa. 

  • Mengontrol Biaya Operasional

Dalam sebuah perusahaan jasa biaya operasional merupakan jenis anggaran yang penting. Apalagi jika jasa ini menyediakan pelayanan door to door yang tentu operasionalnya akan lebih banyak. Lewat laporan laba rugi ini akan diketahui berapa banyak biaya operasional per bulan atau per periode tertentu. Sebab di dalam laporan laba rugi jika tertera data beban perusahaan. 

  • Tingkat Profitabilitas

Manfaat laporan laba rugi juga bisa membantu perusahaan mengetahui tingkat profitabilitas. Di mana hal ini sangat dibutuhkan bagi perusahaan untuk mencari investor. Selain itu juga dibutuhkan oleh kreditor. Laporan laba rugi akan menunjukkan efisiensi perusahaan dalam memperoleh laba dari seluruh pendapatan per periode tertentu. 

  • Evaluasi Kinerja Perusahaan

Manfaat laporan laba rugi perusahaan jasa digunakan untuk evaluasi kinerja para pekerjanya. Saat evaluasi nantinya bisa diminimalisir risiko kerugian yang bisa saja terjadi, sehingga di waktu berikutnya kinerja dapat lebih membaik. Dari laporan ini juga evaluasi nantinya bisa membantu membuat perusahaan menjadi lebih berkembang. Kinerja yang membaik dan bisa bersaing.

  • Mengetahui Risiko yang Dihadapi

Ada di mana kondisi perusahaan sedang mengalami kerugian dalam jangka waktu tertentu. Kondisi ini terjadi karena perusahaan tidak mengetahui seberapa besar risiko yang dihadapi di dalam bisnis jasanya.

Laporan laba rugi ini memiliki manfaat untuk membantu mengetahui risiko apa yang sedang dihadapi dan menemukan solusi terbaik agar bisa mengatasinya. Semakin cepat mengetahui besarnya risiko yang dihadapi akan semakin bagus untuk perkembangan perusahaan ke depannya.

  • Analisa Strategi Perusahaan

Dalam menjalankan sebuah usaha tentu dibutuhkan strategi bagaimana perusahaan tersebut bisa maju. Laporan laba rugi bisa bermanfaat sekali untuk membantu menganalisa strategi perusahaan yang sedang dijalankan. Jika strategi yang digunakan berhasil akan terlihat keuntungan yang terus meningkat setiap bulannya. 

Jika tidak cocok strateginya akan terlihat perusahaan mengalami kerugiaan di beberapa waktu atau kurva laporan laba ruginya tidak stabil. Berhasil atau tidaknya strategi yang dilakukan akan terlihat dari laporan dengan analisa mendalam. Hasilnya ke depan strategi bisa diubah menjadi lebih baik lagi dan mendapatkan keuntungan lebih banyak. 

  • Dasar untuk Mengembangkan Usaha

Laporan laba rugi yang diamati di akhir periode akan bermanfaat sekali untuk mengambil keputusan apakah usaha sudah layak dikembangkan atau belum. Di mana untuk mengembangkan sebuah usaha menjadi lebih banyak cabangnya harus memiliki kemampuan profit yang terus meningkat. Kondisi ini diketahui dari laporan laba rugi bagian pengeluaran yang efektif.

  • Data Pembayaran Pajak

Usaha apa saja yang sudah memiliki izin dan ketentuan tertentu akan dikenakan pajak. Pembayaran pajak ini dilakukan secara berkala agar usaha bisa terus berjalan tanpa adanya kendala izin dan lainnya. 

Laporan laba rugi sangat bermanfaat sekali untuk memberikan informasi terkait berupa total pajak yang harus dibayarkan dalam satu periode. Semua dilihat tentunya dari laporan perusahaan secara jelas dan transparan. 

Baca juga : Pengertian Risiko Non Bisnis dan Cara Mengatasinya

Laporan laba rugi perusahaan jasa ini bisa dibuat perbulan dan per periode sesuai kebutuhan perusahaan. Carilah SDM yang memiliki kemampuan ekonomi yang bagus untuk perihal pembukuan agar datanya akurat. Laporan ini tentunya perlu diketahui oleh beberapa orang yang ada di perusahaan untuk bisa melakukan monitoring. 

Sharing is Caring!

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.