Mengenal Pekerjaan Merchandiser dan Tanggung Jawabnya

Apa Itu Merchandiser  

Apa yang terlintas di benak Anda kala mendengar kata Merchandiser? Jika Anda berpikiran bahwa Merchandiser merupakan orang yang menjual merchandise atau barang, Anda tak sepenuhnya salah. Bagi Anda yang ingin tahu lebih banyak mengenai Merchandiser dan hal apa saja yang dilakukannya, yuk simak ulasan di bawah ini. 

Apa Itu Merchandiser?  

Merchandiser merupakan sebuah posisi pekerjaan di sebuah perusahaan, yang masih termasuk dalam tim pemasaran atau marketing. Tugas utama dari seorang Merchandiser adalah untuk mengatur display produk di sebuah outlet, mana kiranya yang paling tepat berada di deretan depan. Naik atau turunnya angka penjualan produk, bisa dibilang sangat bergantung pada kemampuannya. 

Apa Saja Job Desc dari Merchandiser? 

Posisi pekerjaan yang beda dalam perusahaan, tentu membuat job desc yang dilakukannya pun berbeda pula, termasuk juga pekerjaan satu ini. Walau memiliki tugas pokok untuk mengatur display produk, sebenarnya pekerjaan ini memiliki tanggung jawab yang lebih dari itu. Simak berikut ini ulasan mengenai job desc atau tanggung jawab kerja dari pekerjaan ini. 

  • Mengatur Tata Letak Produk dengan Baik 

Pekerjaan ini mengharuskan Anda untuk bisa mengatur tata letak produk dengan baik. Mengatur dengan rapi saja tentulah tak cukup, karena ada sebenarnya ada strategi khusus dalam pengaturan tata letak ini. Peletakan produk atau barang pada display harus diperhatikan dengan seksama, apakah akan diletakkan secara vertikal atau horizontal. 

Selain itu, pemilihan produk yang akan diletakkan di posisi depan juga harus didasarkan atas banyak pertimbangan. Salah satu pertimbangan tersebut adalah produk tersebut harus mampu menarik minat konsumen untuk melihatnya, sehingga berakhir dengan melihat ke semua produk yang ada. Dengan begini, bisa semakin efektif dan efisien dalam meningkatkan penjualan produk. 

  • Membuat Display Produk yang Menarik 

Jika Anda merupakan seorang konsumen yang datang ke suatu outlet lalu melihat display produk yang unik, pasti Anda akan tertarik bukan untuk melihatnya? Inilah salah satu tanggung jawab yang dilakukan oleh pemilik pekerjaan ini. Merancang dan merealisasikan display yang unik dan menarik, sehingga calon konsumen datang menghampiri untuk melihat, lalu berakhir dengan membelinya. 

  • Membuat Strategi Pemasaran Produk 

Tugas selanjutnya yang diemban oleh seorang Merchandiser adalah untuk menyusun strategi pemasaran produk. Makanya, seorang Merchandiser dituntut untuk bisa berpikir out the box, agar bisa meningkatkan angka penjualan produk. Umumnya, strategi pemasaran yang dilakukan adalah pemberian diskon atau penjualan melalui bundle, sehingga produk makin banyak terjual. 

  • Memperhatikan Kebersihan dari Produk yang Dipajang 

Kebersihan merupakan hal utama yang harus dimiliki oleh sebuah produk. Bayangkan saja jika konsumen melihat produk yang tertata pada display sudah berdebu, pasti ia akan urung membelinya. Nah, tugas dari pekerjaan ini adalah untuk mengawasi dan memperhatikan kebersihan dari setiap produk yang dipajang di outlet tersebut. 

  • Memberikan Informasi yang Tepat Mengenai Produk yang Dijual 

Pemberian informasi berupa harga produk dan label harga, juga termasuk dalam tugas yang harus dilakukan dalam pekerjaan ini. Dengan memberi informasi berupa nama produk, deskripsi singkatnya, serta nominal harganya, pembeli akan lebih mudah memahami tentang produk yang akan dibelinya. Banyak bukan pembeli yang urung belanja karena tak adanya label harga? 

Baca juga : Minat Tim Purchasing & Procurement? Simak Dulu Jobdesc-nya

Itulah tadi ulasan mengenai Merchandiser, termasuk apa saja tanggung jawab yang diembannya. Pekerjaan satu ini terbilang krusial dalam sebuah perusahaan produksi barang, dikarenakan bertanggung jawab langsung atas display barang tersebut di outlet yang menjualnya. Seorang Merchandiser pun diharapkan memiliki sisi kreatif, agar bisa menata letak produk semenarik mungkin. 

Sharing is Caring!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.