COLOURS Garuda Magazine: Mbiz, Trendsetter B2B Marketplace di Indonesia Dedikasi di Setiap Inovasi

Di tengah maraknya kelahiran nama-nama platform digital baru dengan layanan Business-to-Business (B2B) di Indonesia, Mbiz telah memasuki tahun keempat sebagai B2B marketplace dengan keunikan solusi total e-procurement. Disusul lahirnya Mbizmarket.co.id pada 2019, kini Mbiz memantapkan diri sebagai trendsetter B2B marketplace dengan mengintegrasikan beragam solusi.

Upaya membangun platform dan sistem digital untuk menjawab kebutuhan pengadaan tentu saja memakan biaya yang besar dan waktu yang lama. Permasalahan berikutnya pun harus siap dihadapi: pengembangan kapasitas sumber daya untuk penguasaan teknologi yang terus berkembang, pengelolaan transaksi dan pembayaran, pencarian pelanggan dan vendor yang tepat dan tepercaya.

Permasalahan kompleks yang menjadi kendala berulang bagi penjual dan pembeli dalam melaksanakan aktivitas pengadaan B2B pun dijawab Mbiz pada 2015 dengan mendirikan Mbiz.co.id, sebagai pionir solusi total e-procurement di Indonesia. Langkah Mbiz merancang platform B2B empat tahun lalu terbilang berani pada saat tren platform digital B2C masih terbilang gencar.

Platform digital inovatif Mbiz dirancang untuk menghubungkan perusahaan penjual dan pembeli dengan mengintegrasikan seluruh proses e-procurement (pengadaan digital) secara end-to-end atau menyeluruh. Fitur-fitur e-procurement yang ditawarkan, antara lain Budget Control, Spending Report and Analytics, Order and Fulfillment Tracking, dan Digital Approval. Dilengkapi supply chain management serta memungkinkan integrasi dengan Customer ERP System melalui API Integration.

Dengan Mbiz, perusahaan bisa melakukan pengadaan secara digital yang transparan, efisien, mudah, terjamin, dipersonalisasi, dan bebas hambatan. Seluruh layanan dan fitur Mbiz, termasuk katalog online, manajemen vendor, dan pengelolaan anggaran, bisa diakses lewat Mbiz.co.id secara efektif dan efisien.

Sebagai Pionir, Trendsetter dan Enabler di Bidang Pengadaan

Tahun ini, demi meningkatkan layanan e-commerce dan meningkatkan kapasitas UMKM dalam bisnis B2B, Mbiz melakukan ekspansi dengan meluncurkan Mbizmarket. co.id. Kehadirannya sekaligus makin menegaskan posisi Mbiz sebagai pionir serta trendsetter di marketplace B2B.

Dikatakan sebagai trendsetter lantaran Mbizmarket adalah marketplace B2B pertama di Indonesia yang menawarkan langsung tiga solusi utama, yaitu solusi transaksional, direktori, dan e-procurement, untuk menjawab tantangan-tantangan yang dihadapi perusahaan dalam pengadaan skala B2B secara digital.

Solusi transaksional memberikan pilihanpilihan sistem yang memudahkan pembeli dan penjual skala B2B, meliputi opsi pembayaran berjangka (Terms of Payment), sistem pembelian kontraktual untuk pembeli, bahkan sistem pendanaan lewat pinjaman atau pembiayaan dari partner finansial Mbiz. Hal ini menjadi peluang besar untuk pemberdayaan dan pengembangan usaha bagi pelaku usaha. Keunggulan yang tidak ditemukan di platform B2B lain.

Solusi direktori yang ditawarkan Mbizmarket juga memudahkan pembeli untuk menemukan penjual dari seluruh pelosok Indonesia untuk memenuhi kebutuhan akan barang dan jasa, serta membantu penjual memasarkan produk dan layanan jasa mereka secara digital. Mbiz menyediakan ruang untuk segala ragam bisnis barang dan jasa penyediaan katalog Mbizmarket yang meliputi 10 kategori barang (alat kantor, alat industri, dan lain-lain), juga sembilan kategori jasa (tenaga spesialis, instalasi/pemeliharaan hingga barang custom). Penyediaan kebutuhan jasa pada platform marketplace B2B merupakan terobosan baru yang digagas oleh Mbiz.

Solusi e-procurement yang hadir dalam ekosistem Mbizmarket juga disediakan selengkap di platform pendahulunya, Mbiz.co.id. Kini, pebisnis skala kecil dan menengah dapat mengadaptasi sistem e-procurement di bisnis mereka. Sebagai enabler, Mbizmarket diharap bisa memberikan edukasi kepada para pebisnis pemula tentang pentingnya pencatatan dan penyimpanan dokumen dari seluruh transaksi secara digital.

Selama empat tahun, Mbiz telah menjadi partner pengadaan digital yang andal bagi lebih dari ratusan perusahaan nasional dan internasional skala menengah dan besar di Indonesia. Kesuksesan ini telah membuat Mbizmarket dipercaya oleh Kementerian Perindustrian untuk memberikan edukasi dan sosialisasi tentang e-commerce untuk UMKM di berbagai daerah di Indonesia dalam program Making Indonesia 4.0. Tak berhenti sampai di sini, dedikasi Mbiz untuk menciptakan B2B marketplace dengan solusi terlengkap masih terus berlanjut untuk masa depan pengadaan digital Indonesia yang semakin baik.

Temukan solusi untuk tantangan e-procurement Anda di http://www.mbiz.co.id dan http://www.mbizmarket.co.id.

Temukan artikel online ini di bit.ly/mbizgarudadec19

Sharing is Caring!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.