Pengertian dan Prinsip Penerapan Eprocurement Indonesia

Eprocurement Indonesia

Eprocurement Indonesia seringnya disebut dengan Layanan Pengadaan Elektronik yang biasanya digunakan di banyak perusahaan Indonesia. Di mana tugasnya untuk pelayanan pengadaan barang atau jasa yang dilakukan secara elektronik. Ini pengertian dan prinsip penerapan yang dapat dilakukan.

Pengertian dari Eprocurement merupakan sebuah sistem pengadaan barang atau pun jasa yang pelaksanaannya dilakukan dengan media elektronik. Sering juga disebut dengan berbasis website atau internet. Pelaksanaannya memanfaatkan dengan oprimal teknologi informasi dan komunikasi secara elektronik.

Di dalam Eprocurement terdapat beberapa komponen penting yaitu perangkat keras, perangkat lunak, sumber daya manusia, dan pengguna. Selain itu komponen lainnya adalah kebijakan, proses, dan infrastruktur perusahaan.

Manfaat dari penggunaan Eprocurement Indonesia adalah untuk mempermudah proses pengadaan barang dan jasa. Manfaat berikutnya untuk penghematan biaya administrasi pengadaan, mempercepat proses pengadaan, meningkatkan transparansi dalam pelaksanaan.

Prinsip-Prinsip Penerapan Eprocurement

Prinsip penerapan Eprocurement adalah efisien yang artinya pengadaan barang atau jasa menggunakan dana dan daya yang minimum. Tujuannya untuk mencapai kualitas kualitas yang maksimum. Prinsip berikutnya dalam penerapan adalah efektif yang artinya pengadaan barang atau jasa sesuai kebutuhan dan sasaran yang telah ditetapkan dan memberi manfaat yang besar.

Prinsip berikutnya adalah Transparan artinya semua ketentuan dan informasi terkait pengadaan barang atau pun jasa sifatnya jelas. Selain itu dapat diketahui dengan luas oleh penyedia barang atau pun jasa. Selanjutnya memiliki prinsip terbuka yang pelaksanaan pengadaan barang atau jasa dapat diikuti oleh semua pihak sesuai ketentuan.

Baca juga : Menilik Perkembangan Tren E-Procurement di Masa Depan

Memiliki prinsip akuntable sesuai dengan aturan dan ketentuan dari pengadaan barang atau pun jasa. Semua penyedia barang atau pun jasa dapat mengikuti tender yang akan berlangsung. Selain itu ada juga prinsip at the right place yang artinya Eprocurement memastikan barang akan dikirim ke alamat yang diberikan. Tujuannya untuk meningkatkan efektifitas barang dengan akurat. Ada prinsip delivered at the right time agar barang dikirim tepat waktu. Jadi pengadaan barang dan jasa Anda sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat.

Biasanya perencanaan ini dilakukan di awal tahun setelah pengajuan anggaran turun. Anda bisa menyesuaikan waktunya agar mendapatkan estimasi yang tepat. Sebelum menggunakan pihak ketiga untuk menyediakan barang atau jasa yang dibutuhkan Anda perlu melakukan daftar kebutuhannya dengan cermat dan detail. Tujuannya agar tidak salah anggaran.

Kelebihan Menggunakan Eprocurement

Kelebihan menggunakan sistem ini adalah proses pencarian produk, harga, diskripsi, dan segalnya dapat dilakukan secara online. Persetujuan bisa juga Anda dapatkan secara online sehingga mempermudah proses kerja dan lebih cepat.

Selain itu kelebihannya proses pembayaran dapat dilakukan di awal atau pun di akhir saat barang diterima. Anda bisa memantau pengiriman yang dilakukan oleh penyedia barang yang dibutuhkan. Tinggal mencari vendor yang tepat dan cocok dengan estimasi bujet. Anda bisa mencari tahu kualitasnya lewat internet.

Baca juga : Pengertian E-Procurement Menurut Para Ahli

Penting untuk memastikan kualitas agar tidak terjadinya kerugian. Lebih baik lagi jika menggunakan vendor yang memang sudah memiliki nama agar Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas barangnya. Kelebihan dari sistem ini juga mencegah terjadinya manipulasi data dan keuangan. Semuanya akan berjalan dengan tertib dan aman.

Eprocurement Indonesia sangat berpengaruh terhadap bisnis yang dijalankan dalam hal manajemennya. Perlu diketahui, e procurement tidak hanya untuk instansi pemerintah tetapi bisa digunakan oleh semua jenis perusahaan yang disesuaikan dengan produk atau jasa. Anda akan merasakan efektif dan efisiennya penggunaan sistem ini dalam pengadaan barang atau pun jasa melalui sistem e-procurement yang saat ini sudah ada di Indonesia bernama Mbizmarket: B2B marketplace indonesia

Sharing is Caring!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.