Kursi Kantor yang Tepat Untuk Hindari Penyakit Punggung

kursi kantor

Pernahkah terlintas di pikiran, bahwa kursi kantor yang Anda gunakan sehari-hari bisa memicu terjadinya sakit punggung? Pekerja kantoran tentu akan lebih banyak menghabiskan waktu dengan duduk di balik meja. Namun, bagaimana jika kursi kantor yang Anda duduki tidak tepat, justru akan menjadi hal buruk bagi kesehatan Anda. Terlebih jika Anda ternyata memiliki riwayat sakit punggung. Meski begitu, sakit punggung tentu bisa dihindari dengan memilih kursi kantor yang tepat. Berikut tips memilih kursi untuk mendukung kenyamanan dan produktivitas Anda di kantor.

  • Pilih Kursi Kantor yang Sesuai dengan Ukuran Tubuh

Cara terbaik yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui apakah kursi yang Anda pilih sudah sesuai dengan ukuran tubuh adalah langsung mencoba mendudukinya. Kursi kerja yang baik setidaknya memiliki jarak sejauh 3 sentimeter pada sisi kanan dan kiri tubuh. Ini akan membuat Anda bisa duduk dengan lebih nyaman.

Poin penting lain yang sering luput dari perhatian adalah pada bantalan kursi. Seperti halnya sandaran tangan, bantalan kursi yang baik juga berjarak setidaknya 3 sentimeter dari sendi lutut belakang. Jika jarak bantalan dari lipatan lutut terlalu jauh atau bahkan terlalu dekat, pergerakan lutut akan sangat terbatas sehingga mengurangi kenyamanan Anda ketika duduk.

  • Sesuaikan dengan Tinggi Badan

Selanjutnya, pilihlah kursi kantor yang sesuai dengan tinggi badan Anda. Bagaimana cara mengetahuinya? Ternyata, bukan dari tinggi sandaran kursinya, melainkan dengan cara berdiri di depan kursi. Jika pada ketinggian standar (tanpa pengaturan), tinggi bantalan kursi sejajar dengan lutut, maka Anda sudah memilih kursi yang tepat. Namun, jangan lupa untuk memastikan bahwa kursi tersebut masih bisa diatur ketinggiannya.

  • Utamakan Kursi dengan Dudukan Landai

Coba amati sekali lagi kursi kerja yang Anda gunakan, terutama pada bantalan duduknya. Apakah posisinya landai, atau justru malah datar? Sebenarnya, kursi kerja yang baik untuk digunakan adalah dengan posisi bantalan duduk landai. Jadi, untuk menghindari nyeri pada tulang belakang, Anda bisa mengatur kemiringan bantalan kursi, setidaknya sekitar 30 derajat.

Lalu, bagaimana jika ternyata bantalan duduk tidak bisa diatur kemiringannya? Anda bisa menyiasatinya dengan menambahkan bantal di bagian sandaran kursi supaya posisi tubuh lebih landai ketika Anda duduk.

  • Pastikan Ada Pengaturan Sandaran Kursi

Tinggi rendahnya kursi bukan menjadi satu-satunya pertimbangan ketika memilih kursi kantor. Tidak boleh lupa, sandaran kursi juga perlu Anda pertimbangkan. Kursi kerja yang baik memiliki pengaturan manual pada bagian sandarannya, sehingga Anda bisa mengatur agar tingginya sejajar dengan pundak. Menggunakan kursi dengan sandaran punggung setinggi pundak bisa mengurangi rasa pegal pada punggung hingga pundak ketika Anda duduk.

Selain itu, pilihlah kursi kerja yang sandaran punggungnya bisa dimirikan hingga mencapai sudut 135 derajat. Memang, posisi duduk yang paling baik adalah membentuk sudut 90 derajat. Namun, terkadang Anda ingin beristirahat sejenak dengan bersandar pada kursi, dan sandaran kursi yang dapat dimiringkan akan membuat punggung lebih nyaman.

  • Pertimbangkan Sandaran Kepala

Ternyata, kursi kerja yang dilengkapi dengan sandaran kepala bisa menunjang bentuk tubuh yang lebih baik ketika Anda duduk. Adanya sandaran ini membantu menyeimbangkan posisi kepala dan leher agar tetap sejajar dengan telinga, sehingga risiko nyeri otot pada leher pun dapat dihindari.

Faktanya, terlalu lama duduk memang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Inilah mengapa Anda dianjurkan untuk tetap bergerak meski bekerja sebagai seorang karyawan kantoran. Berjalan-jalanlah setiap beberapa jam sekali untuk mencegah kekakuan tulang yang sangat mungkin terjadi apabila Anda duduk terlalu lama.

Baca juga : Perlengkapan Kantor Kearsipan yang Sering Digunakan Karyawan

Demikian tadi beberapa tips memilih kursi kantor yang bisa Anda lakukan untuk menghindari sakit punggung akibat duduk terlalu lama. Mbiz.co.id bisa membantu Anda menemukan kursi kantor yang tepat. Sebagai pemrakarsa sistem e-procurement di Indonesia, Mbiz.co.id menjadi solusi terbaik untuk pengadaan barang dan jasa perusahaan lebih cepat, mudah, dan praktis.

Sharing is Caring!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.