Revolusi digital adalah perubahan besar yang dikenal juga dengan istilah Third Industrial Revolution. Ini adalah perubahan dari teknologi elektronik analog dan mekanis menjadi elektronik digital. Revolusi tersebut terjadi pada akhir 1950-an sampai 1970-an dan berlanjut hingga saat ini.

Istilah revolusi digital juga berkaitan dengan perubahan besar yang disebabkan oleh komputasi digital dan teknologi komunikasi. Perubahan inilah yang menjadi salah satu faktor penyebab pola komunikasi antarindividu ikut berubah. Kini, dengan memanfaatkan teknologi komunikasi baru ini, manusia tidak lagi dibatasi jarak pada saat ingin menjalin relasi dengan orang lain.

Keuntungan Hidup pada Era Digital

1

Era digital telah mengubah segalanya menjadi lebih mudah. Setidaknya, itulah kesan yang bisa ditarik berdasarkan fakta yang selama ini telah terjadi di lapangan. Jika dibandingkan dengan zaman dahulu, perbedaannya sangat jelas.

Dahulu, perusahaan harus menghubungi vendor dengan cara menelepon satu per satu, memastikan pembelian dengan cara yang manual dan memakan waktu, mengalami kendala karena harga yang tidak transparan, dan sebagainya.

Kini, cara berbelanja perusahaan telah mengalami banyak perubahan. Dengan semakin maraknya e-commerce, aktivitas belanja perusahaan semakin dimudahkan. Kini, tidak perlu lagi menghabiskan banyak waktu dan energi untuk membandingkan harga produk yang satu dengan yang lain, cukup dengan memantau secara online.

Dalam bidang bisnis, era digital memang membuka peluang yang sangat besar bagi siapa pun untuk berkembang dan lebih maju. Beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari kehadiran internet dan teknologi digital, antara lain :

  • Berhubungan dengan konsumen menjadi lebih mudah. Kini, sebagian besar masyarakat memanfaatkan internet untuk mencari informasi tentang sebuah produk.
  • Pemasaran dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Dengan jaringan internet, jarak bukan lagi halangan besar. Hanya bermodalkan toko online, pebisnis bisa melakukan ekspansi ke berbagai daerah di Indonesia.
  • Branding dapat dilakukan dengan lebih efisien karena internet sangat dekat dengan kehidupan masyarakat. Mempromosikan suatu merek mudah sekali dilakukan dengan memanfaatkan media sosial. Semakin populer sebuah merek, hasil penjualan produk yang dicapai biasanya akan semakin besar.
  • Perusahaan dapat melakukan efisiensi biaya dalam menjalankan proses produksi maupun pemasaran produk. Penghematan tersebut tentu akan sangat berdampak pada kelangsungan hidup perusahaan.

E-Procurement adalah Solusi

2

Para pelaku bisnis yang tidak melek teknologi sebaliknya akan mengalami masalah. Mereka dapat menghabiskan anggaran yang besar untuk membayar sesuatu yang seharusnya bisa lebih murah. Salah satu contohnya, dalam hal proses pengadaan barang dan jasa yang diperlukan untuk kebutuhan produksi atau aktivitas sehari-hari di  perusahaan.

Pengadaan barang dan jasa (procurement) yang dilakukan secara konvensional sesungguhnya menguras banyak  tenaga, waktu, dan anggaran. Ada banyak tahap yang harus ditempuh sehingga waktu yang dibutuhkan pun lebih lama.

Untuk mengadakan barang dan jasa, pihak perusahaan tentu menginginkan produk yang berkualitas sekaligus murah. Ini adalah prinsip yang efektif dan efisien. Pada kenyataannya, proses membandingkan kualitas dan harga sejumlah barang dan jasa secara manual sangat memakan waktu dan tenaga.

Berkembangnya metode e-procurement akhirnya dapat mengatasi berbagai kendala tersebut. Salah satu perusahaan pelopor yang bergerak di bidang e-procurement adalah Mbiz.co.id. Pada website yang menggunakan konsep e-commerce ini, customer bisa menemukan puluhan ribu produk dalam sebuah katalog online. Inilah yang menyebabkan pengadaan barang dan jasa menjadi lebih praktis serta hemat waktu dan tenaga.

Lalu, apa bedanya e-procurement dan e-commerce yang ditawarkan oleh Mbiz.co.id? Platform ini adalah gabungan fungsi antara e-procurement dan e-commerce. Namun, berbeda dengan e-commerce B2B lainnya, Mbiz.co.id memiliki fungsi yang lebih lengkap. Saat ini, ada banyak e-commerce yang juga menyediakan atau menjual barang secara online. Namun, Mbiz.co.id lebih unggul karena memastikan customer mendapatkan layanan total, mulai dari seleksi produk, pemesanan, hingga pelacakan pengiriman.

Sistem yang sudah terintegrasi ini sangat memudahkan customer dalam mengatur pengadaan barang dan jasa secara efektif dan efisien. Tujuan akhirnya, sistem ideal tersebut akan berdampak positif pada perkembangan perusahaan. Inilah faktor utama yang membuat perusahaan dapat menguasai dunia pada era digital.

Ditulis oleh Mbiz.co.id Team

Pioneer Total e-Procurement Solution in Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s