Beberapa Sumber Pembiayaan UKM untuk Mengembangkan Usaha

pembiayaan UKM

Bagi anda yang ingin memulai sebuah bisnis maka anda pasti akan memikirkan adanya modal atau pembiayaan. Sebab tanpa adanya modal maka sebuah usaha akan sulit berkembang terlebih bagi anda para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM). Seiring dengan semakin banyaknya pelaku UKM maka semakin banyak pula jenis pembiayaan UKM yang bermunculan termasuk yang diberikan oleh pemerintah. 

Namun pastikan anda memilih sumber pembiyaan yang tepat agar tidak merugikan anda. Untuk itulah sebelum anda memilih pembiayaan UKM maka anda harus mempelajari secara cermat tipe pembiayaan usaha yang sesuai dengan jenis usaha anda. Dengan begitu pembiayaan tersebut juga dapat mendukung perkembangan bisnis anda. Untuk menambah wawasan anda maka berikut akan dijelaskan sumber-sumber pembiayaan bagi UKM untuk mengembangkan usaha. 

  1. Pembiayaan dari Pemerintah
    Pembiayaan UKM yang diberikan oleh pemerintah ini memungkinkan dapat dijadikan sebagai modal usaha anda. Terlebih kini pemerintah semakin gencar meningkatkan jumlah UKM di tanah air melalui program pembiayaan. Saat ini jumlah wirausaha di Indonesia masih dikategorikan sedikit sehingga besar peluang untuk ikut terjun dalam dunia UKM. Selain itu, UKM yang sudah banyak didirikan juga tidak rentan meskipun terjadi krisis. Pemerintah menilai, dengan adanya UKM maka tingkat penggangguran di Indonesia dapat semakin menurun. Jenis pembiayaan yang diberikan oleh pemerintah untuk UKM diantaranya modal usaha hibah kelompok, modal usaha berupa bantuan bagi wanita rawan sosial dan modal usaha bagi wirausaha muda. 
  2. Pembiayaan dari Angel Investor
    Pembiayaan jenis ini memang cukup langka untuk diperoleh karena pembiyaan tersebut biasanya diberikan oleh indvidu yang kaya raya atau sengaja memberikan pembiayaan bisnis bagi usaha rintisan. Meskipun pembiayaan diberikan oleh angle investor, tetapi investor tersebut juga meminta imbalan yang berupa ekuitas kepemilikan atau obligasi konversi. Pembiayaan dana yang diberikan oleh angel investor biasanya diberikan sekali dalam bentuk modal awal. Bisa juga berupa dukungan secara kontinu bagi perusahaan yang berada dalam kondisi sulit. 
  3. Pembiayaan dari Perbankan
    Seiring dengan semakin banyaknya jumlah UKM di tanah air menjadikan pihak perbankan juga ingin mengambil peran dalam bidang pembiayaan. Dimana pembiayaan yang diberikan oleh perbankan jumlahnya cukup besar untuk modal UKM. Namun pelaku UKM yang menggunakan pembiayaan perbankan tersebut harus membayar sejumlah bunga dengan jumlah yang mungkin tidak sedikit. Dalam memberikan pembiayaan, pihak bank akan memberlakukan sejumlah syarat-syaray kepada calon nasabah. Bila syarat tersebut ada yang tidak dipenuhi maka kemungkinan pengajuan pembiayaan akan ditolak oleh bank. 
  4. Pembiayaan dari Lembaga Keuangan Non Bank
    Tidak hanya bank, pembiayaan UKM juga bisa diberikan oleh lembaga keuangan non bank. Lembaga tersebut dibentuk oleh pemerintah yang bertujuan untuk mengembangkan pasar modal, pasar uang dan membantu memberikan modal usaha bagi pelaku usaha atau UKM yang membutuhkan modal. Jenis lembaga keuangan non bank juga begitu beragam diantaranya perusahaan sewa gedung, pegadaian, asuransi, pasar modal dan lain-lain. Tetapi lembaga ini juga membebankan bunga kepada setiap nasabahnya dengan jumlah yang cukup besar. 
  5. Hibah
    Bagi UKM yang memperoleh dana hibah maka dapat dikatakan sangat beruntung. Sebab dana tersebut diberikan oleh investor tanpa adanya imbalan apapun baik berupa bagi laba, kempemilikan maupun obligasi. Biasanya orang yang memberikan hibah merupakan orang-orang terdekat pelaku UKM seperti orang tua yang memberikan warisan berupa uang, saham atau barang. Bahkan pemerintah juga pernah menerapkan pemberian dana hibah kepada wirausaha muda dengan besar Rp 25 juta. Agar dana hibah dapat dimanfaatkan dengan baik maka perlu diiringi kerja keras dari pelaku UKM. 

Baca juga : Informasi Sekitar P2P Lending Indonesia

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa sumber pembiayaan UKM untuk mengembangkan usaha. Bagi pelaku UKM kini tak perlu khawatir tentang pembiayaan usahanya. Sebab terdapat beragam sumber pembiayaan yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan maupun jenis usaha

Sharing is Caring!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.