Strategi Mengembangkan Koperasi Serba Usaha

koperasi serba usaha

Koperasi merupakan salah satu badan usaha yang didirikan serta dikelola oleh sekelompok masyarakat guna memenuhi aspirasi serta kebutuhan bersama para anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Tujuan dibentuknya koperasi adalah untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi anggota serta masyarakat. Seiring berjalannya waktu, koperasi terbagi menjadi berbagai jenis salah satunya adalah koperasi serba usaha

Dimana koperasi serba usaha adalah koperasi yang menjalankan beragam jenis usaha untuk memenuhi kebutuhan anggota serta masyarakat. Secara lebih jelasnya, koperasi ini mempunyai beberapa fungsi antara lain perkreditan, penyediaan, penyaluran sarana produksi dan kebutuhan sehari-hari, pengelolaan dan pemasaran hasil. 

Masing-masing koperasi yang ada di Indonesia, ternyata memiliki tujuan tersendiri. Untuk koperasi serba usaha ini memiliki beberapa tujuan yaitu :

  1. Meningkatkan kesejahteraan anggota koperasi pada khususnya serta masyarakat pada umumnya. 
  2. Bisa membangun tatanan perekonomian dalam mewujudkan masyarakat maju, adil dan makmur. 
  3. Membantu meningkatkan pendapatan serta kesejahteraan anggota dalam koperasi. 
  4. Memberikan pelayanan berupa pinjaman bunga murah, tepat dan cepat. Mendidik anggota agar bisa menggunakan uang secara bijaksana dan produktif. 
  5. Memenuhi keperluan sehari-hari serta perkantoran anggota koperasi. 

Koperasi memang berbeda dengan perusahaan keuangan lainnya. Sebab proses berdirinya didasarkan pada prinsip, norma dan nilai yang harus ditaati. Selain itu anggota koperasi adalah pemilik dana yang dikelola. Hal inilah yang menjadikan koperasi harus berkembang supaya semua anggota bisa menikmati manfaatnya. 

Baca juga : Mengenal Jenis Koperasi Berdasarkan dari Jenis Usahanya

Tetapi pada kenyatannya untuk mengembangkan koperasi tidak senantiasa berjalan lancar karena kurangnya persiapan dan strategi. Bagi anda yang akan menjalankan usaha dalam koperasi serba usaha dan berupaya mengembangkannya maka perlu melakukan beberapa strategi diantaranya berikut. 

  1. Membenahi Kondisi Internal Koperasi
    Bila sebuah koperasi sudah berdiri dalam waktu lama namun tidak memiliki perkembangan maka anda perlu melakukan pembenahan. Dimana pembenahan ini harus diawali dari bagian dalam koperasi tersebut atau kondisi internal. Silakan ek semua kondisi internel koperasi secara menyeluruh baik dari segi operasional maupun manajerial. Bila terdapat hal yang tidak sesuai maka segera lakukan pembenahan masalah tersebut. Sesudah masalah internal dibenahi maka anda bisa mengatasi masalah eksternal. 
  2. Menambah Kebijakan Koperasi
    Koperasi biasanya menerapkan kebijakan sistem pola penitipan. Modal yang diperoleh dari koperasi berasal dari dana titipan anggotanya yang dijadikan sebagai modal bersama. Adanya pola penitipan modal ini banyak membantu untuk memperbesar koperasi bila anggota berjumlah banyak. Agar ketergantungan sistem keanggotaan tersebut bisa dikurangi maka koperasi bisa menambah kebijakan dengan memperluas perolehan modal lewat investasi usaha atau pendanaan. 
  3. Membuat Promosi
    Bila kedua strategi di atas sudah dicoba tetapi belum juga membuahkan hasil yang maksimal maka anda bisa berpromosi memperkenalkan produk atau jasa calon konsumen yang berminat memakai produk atau jasa tersebut. Begitu juga dengan koperasi yang berada dalam bidang usaha keuangan sehingga anda perlu melakukan pengenalan kepada masyarakat agar semakin banyak orang yang tertarik ingin menjadi anggota koperasi. Bila anggota koperasi semakin bertambah maka keuangan koperasi juga semakin banyak dan membuat usaha juga lebih berkembang. 
  4. Rekrut Anggota Kompeten
    Agar usaha koperasi lebih berkembang maka anda perlu merekrut anggota yang berkompeten. Dimana anggota tersebut mempunyai ilmu serta pengalaman di bidang koperasi sehingga memudahkannya dalam mengelola koperasi agar lebih baik. 
  5. Tata Kelola yang Baik
    Koperasi dapat berjalan lancar dan berkembang jika dikelola dengan baik. Dimana pengelolaan tersebut adalah tugas setiap anggota serta pengelolaan keuangan yang lebih rapi dan jelas. Semua hal yang berhubungan dengan koperasi memang harus diatur dengan jelas dan diaati oleh seluruh anggota. 

Demikianlah penjelasan mengenai strategi untuk mengembangkan usaha dalam koperasi serba usaha yang bisa menambah wawasan anda. Melalui penjelasan di atas, anda bisa menerapkan strategi tersebut agar koperasi yang anda kelola semakin berkembang dan lebih mensejahterakan anggota.

Sharing is Caring!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.